PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT Anugerah Sinergi Raya)

Authors

  • Poppy Dermawan
  • Heru Susilo
  • Edlyn Khurotul Aini

Abstract

The type of research used is explanatory research. This research explains the influence of situational leadership style variable to employee performance variable with work motivation as intervening variable. The population in this research was 108 people. The sample in this study was 52 people. The sampling technique used in this research is proportionate stratified random sampling by taking samples from each part in PT. Anugerah Sinergi Raya. The data collection method used is by distributing questionnaires and documentation. The researcher uses path analysis technique with SPSS V.23 to analyze the data. Analysis’s results shows that Situational Leadership Style variable has positive and significant effect on Work Motivation, Situational Leadership Style variable has positive and significant effect on employee performance, Work Motivation variable has positive and significant effect on employee performance, and work motivation mediates the influence between the Situational Leadership Style on employee performance. The conclusion of this research shows that Situational Leadership Style has influence on employee performance with work motivation as intervening variable. It means that the higher situational leadership style will have a positive impact on work motivation and employee performance improvement.

Keywords: Situational Leadership Style, Work Motivation, employee performance

ÐBSTRÐK

Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menjelaskan pengaruh variabel gaya kepemimpinan situasional terhadap variabel kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling dengan mengambil sampel dari setiap bagian yang ada di PT. Anugerah Sinergi Raya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dan dokumentasi. Peneliti menggunakan path analisis dengan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan variabel Gaya Kepemimpinan Situasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, variabel Gaya Kepemimpinan Situasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, variabel motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan motivasi kerja memediasi pengaruh antara gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja karyawan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan Gaya Kepemimpinan Situasional memiliki pengaruh pada kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi gaya kepemimpinan situasional akan berdampak positif pada motivasi kerja dan peningkatan kinerja karyawan.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Situasional, motivasi kerja, dan kinerja karyawan.

 

Downloads

Published

2018-07-26

Issue

Section

Articles