PENGARUH INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KEPUASAN PENGUNJUNG INDUSTRI PARIWISATA DI KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Ika Dwi Ayuningrum
  • Edriana Pangestuti

Abstract

The purpose of this research is to know, (1) the influence of Innovation on Competitive Advantage of Bojonegoro City tourism industry, (2) Influence of Innovation to Satisfaction of Visitors of Bojonegoro City tourism industry, (3) Influence of Competitive Advantage to Satisfaction of Visitors of Bojonegoro City Tourism Industry.This research uses explanatory research with quantitative approach. The object of this study is the tourists who visit every tourist in the city of Bojonegoro. The sampling technique used is purposive sampling technique using Slovin formula and get sample as much as 124 tourists. Method of analysis data used in this study is to spread the questionnaire directly and online. The results of the research note that (1) Innovation variables significantly influence Competitive Advantage with beta path coefficient (β) of 0.363, (2) variable of Competitive Advantage has significant effect to visitor satisfaction with beta path coefficient (β) equal to 0,264, (3) Innovation variables significantly influence Visitor satisfaction with beta path coefficient (β) 0,589. The results obtained yield the conclusion that it is in existence Innovation and Excellence of a tour give rise to Satisfaction for tourist visit.

Word Keywords: Innovation, Competitive Advantages, Visitor Satisfaction

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing industri pariwisata Kota Bojonegoro, (2) Pengaruh Inovasi terhadap Kepuasan Pengunjung industri pariwisata Kota Bojonegoro , (3) Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kepuasan Pengunjung industri pariwisata Kota Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke setiap wisata yang ada di Kota Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel yangg digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin dan mendapatkan sampel sebanyak 124 wisatawan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuisioner secara langsung dan online. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing dengan koefisien jalur beta (β) sebesar 0,363, (2) variabel Keunggulan Bersaing  berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung dengan koefisien jalur beta (β) sebesar 0,264, (3) variabel Inovasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung dengan koefisien jalur beta (β) 0,589. Hasil yang diperoleh menghasilkan kesimpulan bahwa dengan adanya Inovasi dan Keunggulan suatu wisata menimbulkan Kepuasan bagi wisatawanyang berkunjung.

Kata Kunci : Inovasi, Keunggulan Bersaing, Kepuasan Pengunjung.

 

Downloads

Published

2018-07-20

Issue

Section

Articles