PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiijaya Angkatan 2015/2016 yang pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial In

Authors

  • Muhammad Yusuf Hamdani
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

Online shop (belanja online) activities make consumers easier to shop without spending time and energy, and supported by the existence of online stores (toko online), whose growth is increasing from year to year. These benefits make online shopping more attractive. Implementation of good Viral Marketing on the online store is expected to be the right strategy and can help in the face of intense business competition. The purpose of this study is to determine the influence of Viral Marketing (X) either simultaneously or directly on Consumer Trust (Y1) and Purchase Decision (Y2). The type of research used in this study is explanatory research (explanatory research). Data collection techniques used are questionnaires. The population in this study are students of Faculty of Administrative Sciences Universitas Brawijaya class of 2015/2016 who ever made an online purchase through social media Instagram with a sample of 116 people. The sampling technique used is non probability sampling by using accidental sampling technique. Data analysis used is descriptive statistical analysis, classical assumption test and path analysis using SPSS 20 for windows software.

Kеywords : Viral Marketing, Consumer Trust and Purchase Decision

ÐBSTRÐK

Kegiatan online shop (belanja online) membuat konsumen semakin mudah berbelanja tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, serta didukung dengan keberadaan online store (toko online) yang pertumbuhannya semakin meningkat dari tahun ketahun. Manfaat inilah yang membuat belanja online semakin diminati. Penerapan Viral Marketing yang baik pada online store diharapkan menjadi strategi yang tepat dan dapat membantu dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing(X) baik secara bersama-sama maupun secara langsung terhadap Kepercayaan Konsumen (Y1) dan Keputusan Pembelian (Y2). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 yang pernah melakukan pembelian online melalui media sosial Instagram dengan sampel sejumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS 20 for windows.

Kаtа Kunci : Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2018-07-20

Issue

Section

Articles