STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA (Studi Kasus pada Wisata Waduk Gondang dan Wisata Religi Sunan Drajat Kabupaten Lamongan)

Authors

  • Rizal Wafi
  • Djamhur Hamid
  • Arik Prasetya

Abstract

Tourism is one sector that could make a positive contribution to the region. The tourism sector in Lamongan district is one of the leading sectors that can promote development and revenue (PAD) Lamongan. Lamongan has some interesting tourist potential as reservoirs Gondang travel and tourism Religion Sunan Drajat. Department of Culture and Tourism Lamongan implement several strategies to enhance the tourism potential Lamongan, such strategies are:  product development strategy;  strategy of market development and promotion; tourism space utilization strategies; human resources development strategy;  the investment strategy;  environmental management strategies. The strategy has been implemented by the Department of Culture and Tourism Lamongan but is still not on target strategic plan. That is because a lack of coordination by both the Department of Culture and Tourism Lamongan, Unit Acting on each tourist, investors, and communities around the sites. In addition to the above problems, which become barriers to development progress attractions in Lamongan is minimal funding.

Keywords: strategy, implementation, development, and tourism destinations

ABSTRAK

Pariwisatalmerupakan salahasatu sektor yang mampudmemberikan kontribusispositif bagi suatu daerah. Sektor pariwisata di kabupaten Lamongan  merupakan salah satu sektoraandalan yang dapat meningkatkan pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lamongan. Kabupaten Lamongan  memiliki beberapa potensijwisata yang menarik seperti wisata waduk Gondang dan wisata Religi Sunan Drajat.Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan menerapkan beberapa strategi dalam meningkatkanapotensi wisata yang dimiliki Kabupaten Lamongan, strategi tersebut yaitu: strategi pengembangan produk; strategi pengembangan pasar dan promosi;  strategi pemanfaatan ruang pariwisata;  strategi pengembangan sumber daya manusia; strategi investasi;  strategi pengelolaan lingkungan. Strategi tersebut sudah diterapkan oleh pihakmDinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan namunamasih belum berjalan sesuai target rencana strategi. Hal tersebut dikarenakan kurangnyackoordinasi baik dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamongan, Unit PelaksanasTugas di masing-masing tempatgwisata, investor, dan masyarakat sekitar tempat wisata. Selain masalah dilatas, yang menjadi hambatan perkembangan pembangunan objeklwisata di Kabupaten Lamonganladalah pendanaanlyang minim.

Kata Kunci : Strategi, implementasi, Pengembangan, dan destinasi pariwisata

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles