PENERAPAN EXPERIENTIAL MARKETING STRATEGY DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS Studi pada Pelanggan Bakso Cak Kar Singosari - Malang

Authors

  • Zahrina Razanah

Abstract

This research aims to: (1) investigate direct influence of experiential marketing on customer satisfaction; (2) investigate direct influence of customer satisfaction on customer loyalty; and (3) investigate direct influence of experiential marketing on customer loyalty. The research method used is explanatory research with quantitative approach. The total sample is 116 customers of Bakso Cak Kar who have already visited and bought the product at least two times. The sampling technique used is probability sampling and simple random sampling. In this research, questionare is used for collecting data. Both descriptive analysis and path analysis are employed for analysing data and verifying the hypothesis. The results of path analysis shows that: (1) experiential marketing has direct influence on customer satisfaction; (2) customer satisfaction has direct influence on customer loyalty; and (3) experiential marketing has direct influence on customer loyalty. Therefore, this research recommends in order to increase the repeat purchase, Bakso Cak Kar should innovate their product with affordable price. Keywords :Experiential Marketing, Customer Satisfaction, Customer Loyalty ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; dan (3) pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan pelanggan Bakso Cak Kar yang telah membeli minimal dua kali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probalility Sampling dengan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) dapat diketahui bahwa: (1) variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan; (2) variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan; dan (3) variabel Experiential Marketing berpengaruh langsung signifikan terhadap variabel loyalitas. Penelitian ini menyarankan, untuk meningkatkan pembelian ulang, Bakso Cak Kar harus melakukan inovasi terhadap produk mereka dengan harga yang terjangkau. Kata kunci : Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Downloads

Published

2013-09-30

Issue

Section

Articles