ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA KURSUS BAHASA INGGRIS (Studi Pada Pelanggan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare)

Authors

  • Moh. Faishal Yordani Al Basya
  • M. Kholid Mawardi
  • Inggang Perwangsa Nuralam

Abstract

This study aims to analyze the consumers’ preferences of the english course services in the Kampung Inggris Pare. This research is a descriptive quantitative research. This study refers to research conducted by Pagita & Hariwan (2015) and Putri & Iskandar (2014). The population in this study is the user of English course in Kampung Inggris Pare. Based on the calculation of samples with the formula Lemeshow obtained 100 respondents as research samples. Sampling is done by accidental sampling technique. The data analysis used is a technique of conjoint analysis used to identify utility values ​​and the importance of attributes that make up the preferences. Attributes include teaching methods, number of students, type of program, price, and teacher. The results showed that the attributes of teaching methods had the utility values ​​and the highest importance among the other attributes, as a whole or at each attribute level. Then, it is also a combination of attribute preference is most desired by consumers. The authors also found that differences in desired attribute preferences seen from the characteristics of respondents in the form of sex and age. Based on the result of conjoint analysis, Pearson and Kendall's Tau correlation values ​​were 0.975 and 0.817.

Keywords: Consumers’ Preferences, Conjoint Analysis, Buying Decisions, Kampung Inggris Pare

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen lembaga kursus terhadap keputusan menggunakan jasa kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Pagita dan Hariwan (2015) dan Putri dan Iskandar (2014). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa kursus bahasa inggris di Kampung Inggris Pare. Berdasarkan perhitungan sampel dengan rumus Lemeshow diperoleh 100 orang responden sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konjoin yang digunakan  untuk mengidentifikasi nilai utilitas dan kepentingan atribut yang membentuk preferensi. Atribut tersebut antara lain Metode Pengajaran, Jumlah Siswa, Jenis Program, Harga, dan Tenaga Pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut metode pengajaran memiliki nilai utilitas dan kepentingan paling tinggi diantara atribut yang lain, secara keseluruhan maupun pada masing-masing level atribut. Kemudian, diperoleh pula kombinasi atribut preferensi yang paling diinginkan oleh konsumen. Penulis juga menemukan adanya perbedaan preferensi atribut yang diinginkan dilihat dari karakteristik responden berupa jenis kelamin dan usia. Atas hasil analisis konjoin yang telah dilakukan, diperoleh nilai korelasi Pearson dan Kendall’s Tau masing-masing sebesar 0,975 dan 0,817.

Kаtа Kunci:   Preferensi Konsumen, Analisis Konjoin, Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Kursus, Kampung Inggris Pare

Downloads

Published

2018-06-05

Issue

Section

Articles