PENGARUH GLOBAL TERRORISM INDEX TERHADAP FOREIGN DIRECT INVESTMENT DAN MAKROEKONOMI (Studi pada Negara Indonesia, Filipina, Thailand, India, dan Afganistan Tahun 2007 – 2016)

Authors

  • Febrehane Sabattini
  • Suhadak Suhadak

Abstract

The purpose of this research was : 1) to know and explain the effect of global terrorism index on foreign direct investment, 2) to know and explain the effect of global terrorism index on macroeconomic, 3) to know and explain the effect of foreign direct investment on macroeconomic. This research was conducted on five developing countries in Asia Continent which namely Indonesia, Philippines, Thailand, India, and Afghanistan. The data used is from START and UCDP for data of terrorism, World Bank  for data of  foreign direct investment, Bank Indonesia for data of macroeconomic in Indonesia and World Bank for data of macroeconomic in Philippines, Thailand, India, and Afghanistan. The results showed that there were an effect of global terrorism index on foreign direct investment in Thailand and Afghanistan; there is an effect of global terrorism index on macroeconomic in Indonesia, Thailand, India, and Afghanistan; and there is no effect of foreign direct investment on macroeconomic in Indonesia, Philippines, Thailand, India, and Afghanistan.

Keyword : Global Terrorism Index, Terrorism, Foreign Direct Investment, Macroeconomic, Terrorism in Asia

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari global terrorism index terhadap foreign direct investment, 2) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari global terrorism index terhadap makroekonomi, 3) untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari foreign direct investment terhadap makroekonomi. Penelitian ini dilakukan pada lima negara berkembang di Benua Asia, yaitu Negara Indonesia, Filipina, Thailand, India, dan Afganistan. Data yang digunakan berasal dari START dan UCDP untuk data terorisme, World Bank untuk data foreign direct investment, Bank Indonesia untuk data makroekonomi di Indonesia, dan World Bank untuk data makroekonomi di Negara Filipina, Thailand, India, dan Afganistan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh global terrorism index terhadap foreign direct investment di Negara Thailand dan Afganistan; terdapat pengaruh global terrorism index terhadap makroekonomi di Negara Indonesia, Thailand, India, dan Afganistan; dan tidak terdapat pengaruh foreign direct investment terhadap makroekonomi di Negara Indonesia, Filipina, Thailand, India, dan Afganistan.

Kata Kunci : Global Terrorism Index, Terorisme, Investasi Asing Langsung, Makroekonomi, Terorisme di Asia


Downloads

Published

2018-04-18

Issue

Section

Articles