PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EKOLABEL (STUDI PADA PRODUK PT ULTRAJAYA)

Authors

  • M. Afif Fathi Ramadhan
  • Edriana Pangestuti

Abstract

This research aims was determinied and analyzed the impact of consumer behaviour to the purchasing decision of ecolabel product in PT Ultrajaya product. Besides, this research aims to determine the indicators of consumer behaviour variable which has dominant effect to the decision of ecolabel products purchasing of PT Ultrajaya product. This research uses quantitative method with explanatory research. This research uses purposive sampling because the Researcher wants to do an observation which is only aimed at people who consume PT Ultrajaya product, especially the students of Administration Study Faculty, University of Brawijaya, who are in grade 2012-2016. The result of this research shows that Consumer Behaviour variable (X) has a significant influence to Purchasing Decision (Y) of PT Ultrajaya ecolabel product. Besides, the indicator of consumer behaviour variable which has a dominant influence to the purchasing decision of PT Ultrajaya ecolabel product variable is brand’s evaluation indicator.

Keywords: Consumer Behaviour, Purchasing Decision, Ecolabel Product

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultrajaya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ekolabel pada produk PT Ultra Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Penelitian ini menggunakan purposive sampling karena peneliti melakukan penelitian yang hanya ditujukan kepada orang-orang yang mengkonsumsi produk PT Ultrajaya khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sikap Konsumen (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ekolabel PT Ultrajaya. Selain itu Indikator pada variabel sikap konsumen yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk ekolabel PT Ultrajaya adalah indikator evaluasi merek.

Kata kunci: Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian, Produk Ekolabel

Downloads

Published

2018-04-11

Issue

Section

Articles