PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN NILAI PASAR TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2016)

Authors

  • Ashari Dwi Putranto
  • Ari Darmawan

Abstract

Assessment of the performance of the industry can be seen from all influential factors of him are stock prices, size of company, profitability ratio, leverage ratio, and market value. Research objectives to describe the influence of sixe of company, profitability ratio, leverage ratio, and market value against the stock price. Data taken from the financial statements of mining industry registered in BEI 2010-2016 period. Results of the study stated the test for the determination of the coefficient (R2) visible variable industrial scale, leverage, profitability and market value was able to explain the stock price of 75%. Multiple linear regression test F count of 37.009 with probability of 0.000. Rate the probability is smaller than the level of significance of 5%. So the variable scale industry, profitability, leverage, and market value collectively affect stock prices. Test t stated market value (PER) do not affect the stock price. Industrial scale affect share prices positively. Stock prices affect profitability positively. Leverage effect negatively to stock prices.

Keywords: Company’s Stock Price, Size of Company, Profitability, Leverage, ROA, DER, PER, Market Value.

ABSTRAK

Penilaian kinerja industri dapat dilihat dari seluruh faktor berpengaruh terhadapnya antara lain adalah nilai pasar, harga penutupan saham, ukuran perusahaan, rasio profitability, dan rasio leverage. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan dampak ukuran perusahaan, rasio profitability, rasio leverage, dan nilai pasar terhadap harga penutupan saham. Data bersumber dari laporan keuangan sektor pertambangan yang listing di BEI dari periode 2010 hingga 2016. Hasil penelitian mendapatkan uji koefisien determinasi (R2) dari variabel ukuran perusahaan, rasio profitability, rasio leverage, dan nilai pasar mampu menjabarkan harga penutupan saham sejumlah 75%. Pengujian dari regresi linier berganda Fhitung sebesar 37,009 dengan probabilitas 0,000. Angka probabilitas lebih kecil daripada angka signifikansi yaitu 5%. Variabel ukuran perusahaan, rasio profitability, rasio leverage, dan nilai pasar secara bersama-sama memiliki dampak terhadap harga saham. Uji t menjelaskan bahwa nilai pasar tidak memiliki dampak terhadap harga saham. Ukuran perusahaan memiliki dampak terhadap harga saham dengan cara positif. Rasio profitability memiliki dampak terhadap harga saham dengan cara positif. Rasio leverage memiliki dampak dengan cara negatif terhadap harga saham.

Kata Kunci: Harga Saham, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, ROA, DER, PER, Nilai Pasar.


Downloads

Published

2018-03-22

Issue

Section

Articles