PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada Konsumen Malang Strudel di Outlet Singosari, Kab. Malang)

Authors

  • Ulum Yanuar Purwanto
  • Suharyono Suharyono

Abstract

This research aims to determine the effect of Celebrity Endorser on Brand Image and its impact on Purchase Decision. The type of research is explanatory research with quantitative approach. The samples in this research are 116 respondents who had seen the advertisement and bought in Malang Strudel outlet with purposive sampling. Data collection methode is questionneres with  descriptive analysis and path analysis. The results showed that the variables Celebrity Endorser significant effect of 0.636 (63.6%) on Brand Image variables. The probability value of 0.003 (p <0.05) shows that the influence of the Celebrity Endorser Variable on the variable of the Purchase Decision is significant. The amount of tcount 5.296> of the ttabel that is 1.981 indicates that the influence of Brand Image variable to variable Purchase Decision significant. Celebrity endorser should be maintained because it is proven to be able to improve Brand Image of company and attract consumer attention to buy product Malang Strudel.

Keywords: Commercial Star, Corporate Image, The Structure Purchasing Desicions

ABSTRAK

Pеnеlitiаn ini bеrtujuаn untuk mеngetahui pengaruh Celebrity Endorse terhadap Citra Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jеnis pеnеlitiаn yаng digunаkаn аdаlаh adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 116 responden yang pernah melihat iklan dan membeli Malang Strudel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan  analisis data secara deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorser berpengaruh signifikan sebesar 0,636 (63,6%) terhadap variabel Citra Merek. Nilai probabilitas sebesar 0,003 (p < 0,05) menunjukkan bahwa pengaruh Variabel Celebrity Endorser terhadap variabel Keputusan Pembelian signifikan. Besarnya nilai thitung 5,296> dari ttabel yakni 1,981 menunjukkan bahwa pengaruh variabel Citra Merek terhadap variabel Keputusan Pembelian signifikan. Celebrity endorser sebaiknya tetap dipertahankan karena terbukti dapat dapat meningkatkan Citra Merek perusahaan dan menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Malang Strudel.

Kata Kunci: Bintang Iklan, Citra Perusahaan, Struktur Keputusan Pembelian

 


Downloads

Published

2018-03-12

Issue

Section

Articles