PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Di Kota Malang)

Authors

  • Alwin Fauzi Hermawan
  • Suharyono Suharyono

Abstract

Type of this study is explanatory research and This study aims to explain Customer Relationship Marketing to Customer Satisfaction and Loyalty, The method used is the method of path analysis, with sampel as many as 100 respondents with unknown population, the results obtained using the formula Machin & Champbell, Data analysis techniques that used in this research is Statistical Package for Social Science (SPSS). The results obtained through the analysis that has been done is (1) Customer Relationship Marketing siginifikan significantly to Satisfaction (2) Customer Relationship Marketing whether significant influence on Customer Loyalty (3) Does Satisfaction significantly influence Customer Loyalty

Kеywords: Customer Relationship Marketing, Customer Satisfaction and Loyalty

ÐBSTRÐK

Penelitian ini merupakan Jenis penelitian penjelasan atau ekspalanatori riset dan bertujuan untuk mengetahui penjelasam Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Metode yang digunakan ini yaitu metode analisis jalur (path analysis), dengan sempel sebanyak 100 orang responden dengan populasi yang tidak diketahui, hasil tersebut didapat menggunakan rumus Machin & Champbell, Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistical Package for Sosial  Science (SPSS) Hasil yang di dapatkan melalui analisis yang telah dilakukan adalah (1) Customer Relationship Marketing berperngaruh siginifikan terhadap Kepuasan (2) Customer Relationship Marketing berpengaruh siginifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (3)  Kepuasan berpengaruh siginifikan terhadap Loyalitas Pelanggan

Kаtа Kunci: Customer Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas  Pelanggan

Downloads

Published

2018-02-19

Issue

Section

Articles