PENGARUH CITRA MEREK DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DAN KEPUASAN PENGUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT KUNJUNG ULANG (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial)

Authors

  • Putri Rizkiah Isnaini
  • Yusri Abdillah

Abstract

This study aims to examine the perception of millennial generation on the influence of destination brand image to visit decision, visitor satisfaction, and interest to revisit. This study is an explanatory research with quantitative approach. Samples were taken as many as 120 visitors of recreational park of selecta which is categorized as millennial generation. This research uses path analysis as a tool for analyzing collected data. The result showed that all variables have significant influence either directly or indirectly through the intermediate variables. According to the result, then  recreational park of selecta should to maintained and enhanced a positive destination brand image to improve the millennial generation’s decision to visit which inturn can ultimately create their satisfaction. Between the two intermediate variables involved in the study, visitor satisfaction have considerable contribution to helped the destination brand image in influencing the millennial generation’s interest to revisit.

Keywords: Brand Image, Decision To Visit, Satisfaction Of Visit, Interest To Revisit, Millennial Generation.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi generasi millennial atas pengaruh citra merek destinasi terhadap keputusan berkunjung, kepuasan pengunjung, dan minat kunjung ulang. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 120 pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang tergolong dalam kategori generasi millennial. Metode pengumpulan data menggunakan media kuesioner. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel memiliki pengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel perantara. Berdasarkan hal tersebut, maka pengelola Taman Rekreasi Selecta sebaiknya memelihara dan meningkatkan citra merek destinasi yang positif untuk meningkatkan keputusan berkunjung generasi millennial yang pada akhirnya dapat menciptakan kepuasan pengunjung generasi millennial. Diantara kedua variabel perantara yang dilibatkan dalam peneltian ini, variabel kepuasan pengunjung generasi millennial memiliki kontribusi cukup besar dalam memediasi pengaruh antara citra merek destinasi terhadap minat kunjung ulang

Kata kunci: Citra Merek Destinasi, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Pengunjung, Minat Kunjung Ulang, Generasi Millennial.

Downloads

Published

2018-02-15

Issue

Section

Articles