PENGARUH PENERAPAN PAJAK BARANG MEWAH ATAS SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN (Studi Penelitian pada Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Authors

  • Damara Debrina Puspita
  • Zahroh ZA Zahroh Z.A
  • Ika Ruhana

Abstract

Indonesia are under construction in various types of infrastructure. The Indonesian government is actively seeking the source of State revenues through various means such as debt and taxes, such as Luxury Sales Tax. Imposition of luxury sales tax are expected to reduce the high consumption patterns that are not productive in society. The purpose of this study is to describe about luxury sales tax application on the smartphone and consumer behavior. And partially explain the influence of application of luxury sales tax on smartphone to consumer behavior. Researchers use a quantitative approach with descriptive research method. The type of research used is explanatory research. The sample of research used is Taxation Students of Faculty of Administration Universitas Brawijaya based on criteria. Primary data sources used are data collected directly by the researchers through the distribution of questionnaires to respondents. Secondary data sources used are articles, internet, journals and other literature. Data collection techniques used in this research is the study of literature and field study. Test of research instrument using validity and reliability test. Methods of data analysis using classical assumption test. Data analysis was done by using statistical software SPSS (Statistical Package For Social Science) version 13.0.

Kеywords: Luxury Sales Tax, Consumer Behaviour

ÐBSTRÐK

Indonesia sedang dalam tahap pembangunan diberbagai jenis infrastruktur. Pemerintah Indonesia sedang gencar mencari sumber pendapatan Negara melalui berbagai cara seperti hutang dan tentunya pajak, seperti Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Pengenaan PPnBM diharapkan dapat mengurangi pola konsumsi tinggi yang tidak produktif dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penerapan PPnBM atas smartphone dan perilaku konsumen. Menjelaskan secara parsial pengaruh penerapan PPnBM atas smartphone terhadap perilaku konsumen. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya berdasarkan kriteria. Sumber data primer yang digunakan adalah data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Sumber data sekunder yang digunakan berasal artikel, internet, jurnal dan literatur lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 13.0.

Kаtа Kunci: Penerapan Pajak Barang Mewah, Perilaku Konsumen

Downloads

Published

2018-02-12

Issue

Section

Articles