IMPLEMENTASI TRIPLE HELIX DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Authors

  • Muhammad Fakhrul Izzati
  • Wilopo Wilopo

Abstract

This research aims to know the application of Triple Helix in the growth of the creative industries and also find out how the Triple Helix formula efforts increased competitiveness to face the AEC in Malang. This important research is done because of the side view of the implementation of the stakeholders (Triple Helix) in the face AEC through the actors involved in the network. This is exploratory research with qualitative approach where data collection is done through type of research is in-depth interviews. This is done in order to obtain data and information that comes from the speaker more in depth about the implementation of the Triple Helix in encouraging the growth of the creative industries in the city of Malang. Then the methods used in the study is a method of analysis of social networks in which this method is used to know the relationships between the actors, the closeness between the actors, and the intermediary between the actors in the network implementation of the Triple Helix in encouraging the growth of the creative industries in the city of Malang. Research conducted in the city of Malang and taking a Triple Helix to be speaker in the research.

Keywords: Triple Helix, Creative Industries, Competitiveness, Asean Economic Community (MEA), Analysis Of Social Networks (Social Network Analysis)

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Triple Helix dalam pertumbuhan industri kreatif dan juga mengetahui bagaimana Triple Helix merumuskan upaya peningkatan daya saing untuk menghadapi MEA di Kota Malang. Penelitian ini penting dilakukan karena melihat sisi dari implementasi yang dilakukan dari pemangku kepentingan (Triple Helix) dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean melalui aktor yang terlibat di dalam jaringan tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksploratori dengan pendekatan kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth Interview). Hal ini dilakukan agar mendapatkan data dan informasi yang berasal dari narasumber lebih mendalam perihal implementasi Triple Helix dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif di Kota Malang. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis jaringan sosial yang dimana metode ini digunakan untuk mengetahui hubungan antar aktor, kedekatan antar aktor, dan perantara antar aktor di dalam jaringan implementasi Triple Helix dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif di Kota Malang. Penelitian dilakukan di Kota Malang dan mengambil Triple Helix menjadi narasumber di dalam penelitian.

Kаtа Kunci: Triple Helix, Industri Kreatif, Daya Saing, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Analisis Jaringan Sosial (Social Network Analysis)


Downloads

Published

2018-02-05

Issue

Section

Articles