ANALISIS DETERMINAN FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN UNTUK MELAKUKAN BUSINESS EXIT PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (Survei Pada Pemilik UKM di Kota Surabaya)

Authors

  • Amalia Ishthafah Amurwani
  • Mohammad Iqbal
  • Brillyanes Sanawiri

Abstract

The main objectives of this study are describing the business owners and demogrаphic regаrding Business Exit, аnd describing the decision determinаtion fаctors to conduct Business Exit on SMEs in Surаbаyа City. The method used in this research is exploratory method with quantitative approach to explore studies and related concepts of Business Exit which is still rarely examined in Indonesia. Confirmаtory Fаctor Ðnаlysis chosen аs а method of dаtа аnаlysis to confirm the previous existing construct vаriаbles. Results of factor analysis confirm that the determinants of the decision to conduct Business Exit on SME owners in Surabaya consists of eight factors which formed by three variables. The first variable, firm performance form three factors, which are size growth, sales growth and profit growth. The second variable, motivation form three factors, which are necessity of income, additional income, and wealth for profit. The third variable, exit intention form two factors, i.e. frequencies of thoughts and the intention to exit. The Theory of Planned Behavior (TPB) concept is also one of the decision determination / intention of business owners in Surabaya City to exit from their business. This concept form three factors, such as attitude, subjective norm, and perceived behavioral control.

Keywords : Business Exit, Small and Medium Enterprises (SMEs)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemilik usaha, demografi, dan persepsi pemilik usaha terhadap Business Exit, dan untuk menjelaskan faktor-faktor penentu keputusan untuk melakukan Business Exit pada usaha kecil menengah (UKM) di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode exploratory dengan pendekatan kuantitatif untuk mengeksplor studi dan konsep terkait Business Exit yang masih jarang diteliti di Indonesia. Pemilihan Confirmatory Factor Analysis sebagai metode analisis data juga dilakukan untuk mengkonfirmasi konstruk variabel yang sudah  pernah diteliti sebelumnya. Hasil penelitian dengan analisis faktor mengkonfirmasi bahwa faktor-faktor penentu keputusan untuk melakukan Business Exit pada pemilik UKM di Kota Surabaya terdiri dari tiga variabel yang membentuk delapan faktor / indikator. Variabel pertama, firm performance membentuk tiga faktor, yaitu size growth, sales growth dan profit growth. Variabel kedua, motivasi membentuk tiga faktor, yaitu necessity of income, additional income, dan wealth for profit. Variabel ketiga, exit intention membentuk dua faktor, yaitu  frequencies of thoughts dan intention to exit. Konsep Theory of Planned Behavior (TPB) juga menjadi salah satu faktor penentu keputusan / intensi pemilik UKM di Kota Surabaya untuk exit. Konsep TPB membentuk tiga faktor, yaitu attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control.

Kata Kunci : Business Exit, Usaha Kecil Menengah (UKM)

 

Downloads

Published

2018-02-02

Issue

Section

Articles