DESAIN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK PROMOSI (Studi Kasus pada Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang)

Authors

  • Desi Tri Hernandhi
  • Endang Siti Astuti
  • Swasta Priambada

Abstract

This research has a purpose to identify the description of promotional information system applied in Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang, analyze the existing problem in promotional information system, and then design a website-based promotional information system used as a promotion tool. The research was conducted at Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang, located at Malang City. Type of research was using qualitative research by case study method. Data source was using primary data and secondary data source. Technique of data collection was taken by observation, interview, documentation, audio and visual material. The results indicated that Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang has a weak point in marketing information system of promotional subsystem that is, the firstly, it still uses conventional promotional information system, secondly, it has not yet utilized computer in its promotion activity, thirdly, it cannot optimize internet usage in supporting promotional activity, since there is no website to support maximization of Google Mybusiness usage by Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang. Solution to the existing problems is to provide a promotional media in the form of a website that can support promotional activities.

Keywords: Marketing Information System, Promotional Information System, Website Design, Promotion, Website

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem informasi promosi yang diterapkan Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang, menganalisis permasalahan yang ada pada sistem informasi promosi, kemudian mendesain sistem informasi promosi berbasis website yang digunakan sebagai sarana promosi. Penelitian dilakukan pada Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang  yang berlokasi di Kota Malang. Jenis Penilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, materi audio dan visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang memiliki kelemahan dalam sistem informasi pemasaran subsistem promosi yaitu, yang pertama masih menggunakan sistem informasi promosi yang konvensional, yang kedua belum memanfaatkan komputer dalam kegiatan promosinya, yang ketiga belum dapat mengoptimalkan pemakaian internet dalam menunjang kegiatan promosi, belum memiliki website untuk menunjang pemaksimalan pemakaian Google Mybusiness oleh pihak Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang. Solusi untuk permasalahan yang ada adalah dengan menyediakan media promosi berupa sebuah website yang dapat menunjang kegiatan promosi.

Kata Kunci: Sistem Informasi Pemasaran, Sistem Informasi Promosi, Desain Website, Promosi, Website


Downloads

Published

2018-02-02

Issue

Section

Articles