PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-wom) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon)

Authors

  • Fungkiya Sari
  • Edriana Pangestuti

Abstract

The research-this-in-do-to-know: -Effects-Variables-Electronic-word-of-mouth- (E-wom) -to-variable-interest visits and decision variables of tourists visiting the Coban Rais tour of Batu City. The type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample of this study as many as 123 tourists who have made a visit directly to the tourist attractions Coban Rais with visitor age criteria over 18 years old. Sampling technique using purposive sampling. Collection data of Methods using the spread of questionnaires conducted online by using descriptive data analysis and path analysis (path analysis). The results showed 1) the relationship of variables between E-wom with the interest of visiting 2) the relationship of variables between interest of visiting with the decision of visiting 3) the relationship of variables between E-wom with the decision visit each variable relationship has a significant pоsitif.                                               

Keywords: Electronic Word Of Mouth, Visiting Interest, Visiting Decision

ABSTRAK

Penelitian-ini-di-lakukan-untuk-mengetahui:-Pengaruh-variabel-Electronic-word-of-mouth-(E-wom)-terhadap-variabel-minat berkunjung dan variabel keputusan berkunjung wisatawan terhadap wisata Coban Rais Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 123 wisatawan yang telah melakukan kunjungan secara langsung ke tempat wisata Coban Rais dengan kriteria usia pengunjung lebih dari 18 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner yang dilakukan secara online dengan menggunakan analisis data Deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Hasil pеnеlitian mеnujukkan bahwa 1) hubungan variable antara E-wom dengan minat berkunjung 2) hubungan variabel antara minat berkunjung dengan keputusan berkunjung 3) hubungan variabel antara E-wom dengan keputusan berkunjung masing-masing hubungan variabel memiliki yang signifikan pоsitif.

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung


Downloads

Published

2018-01-26

Issue

Section

Articles