ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN PURCHASING (Survei pada Pelanggan Tupperware di Kota Malang)

Authors

  • Niarie Dwi Jayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Individual Diffrences serta pengaruhnya terhadap Green Purchasing. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan pelanggan Tupperware di Kota Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada empat variabel yang membentuk Individual Differences, yaitu Pengetahuan, Green Attitude, Pendapatan, dan Waktu. Variabel Pengetahuan, Green Attitude, Pendapatan, dan Waktu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Green Purchasing Structures. Secara parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan dan Green Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Purchasing Structure, sedangkan variabel Pendapatan dan Waktu tidak berpengaruh signifikan terhadap Green Purchasing Structure. Kata kunci: individual differences, green product, green purchasing ABSTRACT The purpose of this study is to identify and explain the factors that shape individual differences and influence on green purchasing. This type of research is explanatory research. The samples in this research were 102 respondents who are customers Tupperware in Malang. Analysis of the data used is descriptive analysis, factor analysis, and multiple linear regression analysis. The sampling technique used was simple random sampling technique. Results of factor analysis showed that there are four variables that shape Individual Differences, namely Knowledge, Green Attitude, Income, and Time. Variable Knowledge, Green Attitude, Income, and Time together significant effect on Green Purchasing Structures. Partially, the results of this study indicate that the variable Knowledge and Green Attitude positive and significant impact on Green Purchasing Structure, while the income variable and the time had no significant effect on Green Purchasing Structure. Keywords : individual differences, green product, green purchasing

Downloads

Published

2013-09-23

Issue

Section

Articles