IMPLEMENTATION OF KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (A STUDY AT PT ANTAM TBK, JAKARTA, INDONESIA)

Authors

  • Nurul Eka Fitriany
  • Endang Siti Astuti
  • Rizki Yudhi Dewantara

Abstract

Knowledge Management mengacu pada pengelolaan pengetahuan sebagai modal intelektual yang memberikan keberlanjutan jangka panjang. Namun, mengingat jumlah informasi yang dibutuhkan terus meningkat, menciptakan modal intelektual, dan era teknologi baru, pengelolaan pengetahuan harus ditingkatkan dan perlu adanya pembahasan kembali. Penelitian ini menguji implementasi sistem manajemen pengetahuan dan mencari faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaannya. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari wawancara pada karyawa yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem manajemen pengetahuan di perusahaan pertambangan yaitu PT ANTAM Tbk, Jakarta, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi telah digunakan untuk mengidentifikasi dan mengelola pengetahuan dengan mudah yang berdampak positif terhadap manajemen pengetahuan, hasil lain menemukan bahwa berbagai solusi untuk memecahkan adanya faktor-faktor yang menghambat penerapan manajemen pengetahuan. Studi ini memberikan kontribusi secara langsung dalam peningkatan manajemen pengetahuan yang memiliki hubungan dengan lingkungan berbasis IT dimasa depan nantinya.

Kata Kunci: Pengetahuan, Manajemen Pengetahuan, Sistem Manajemen Pengetahuan, Informasi Sistem

ABSTRACT

Knowledge Management refers to managing knowledge as intellectual capital that provide long-term sustainable. However, considering high amount of information, re-creating intellectual asset, and new ages of technology areas, managing knowledge should be improved by re-examined. This study investigates the implementation of knowledge management particularly knowledge management system and seek factors that supporting and hindering within implementation. The data were collected from real  interviewed employees who responsible in development of knowledge management system in a mining company of PT ANTAM Tbk, Jakarta, Indonesia. The result show that technology has been used to identified and manage knowledge easily which has positive impact on knowledge management, other results has found that various solutions to solve factor that hindering the implementation of knowledge managements. This study straight forward to contributes in improvement of knowledge management that has relationship with IT-based environment for future.

Keywords: Knowledge, Knowledge Management, Knowledge Management System, Information System.


Downloads

Published

2018-01-11

Issue

Section

Articles