PENGARUH RETAIL COMMUNICATION MIX TERHADAP BRAND AWARENES (Survei Pembeli di Hypermarket Giant Mall Olimpic Garden Malang)

Authors

  • Sikki Kembara
  • . Suharyono
  • . Wilopo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bauran komunikasi ritel (iklan, promosi penjualan, suasana toko, publisitas, word of mouth) terhadap pengaruhnya secara terpisah dan parsial terhadap Brand Awareness. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 pengunjung Hypermarket Giant Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa faktor bauran komunikasi ritel (iklan, promosi penjualan, suasana toko, publisitas, word of mouth) dapat mempengaruhi Brand Awareness. Ada 5 faktor yang mempengaruhi Brand Awareness, yaitu : iklan, promosi penjualan, suasana toko, publisitas, word of mouth secara terpisah berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness. Faktor promosi penjualan merupakan faktor yang dominan mempengaruhi Brand Awareness Hypermarket Giant. Oleh karena itu pihak Hypermarket Giant Mall Olimpic Garden Malang hendaknya memperhatikan, komunikasinya dengan faktor iklan, promosi penjualan, suasana toko, publisitas, word of mouth sangat berpengaruh terhadap tingkat aware konsumen terhadap Hypermarket Giant.   Kata kunci : Retail Communication Mix, Brand Awareness

Downloads

Published

2013-04-25

Issue

Section

Articles