PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Survei pada pelanggan Cafe OTW Food Street Malang)

Authors

  • Santika Devi
  • Suharyono Suharyono
  • Dahlan Fanani

Abstract

This study aims to explain the influence of Store Atmosphere ( store interior,  exterior, display, and layout) to Customer Satisfaction and the influence of Product Quality (perceived and aesthetic quality) to Customer Satisfaction. Researcher apply survey method and questionnaire as a research instrument to collecting data. Researcher also use the SPSS application to calculate and analyze data  for view able results.Researcher has selected 116 respondents with purposive sampling method where the characteristics of the respondent has the researcher specify before. Data analysis using descriptive analysis and linear regression analysis. The result shows that both independent variable that is Store  Atmosphere and Product Quality either jointly or partially have significant  influence to Customer Satisfaction. Product Quality Variable is the most dominant variable in giving influence to Customer Satisfaction.

Keywords: Store Atmosphere, Product Quality, Customer Satisfaction

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh  Store Atmosphere (store interior, exterior, display, and layout) terhadap Kepuasan Pelanggan dan pengaruh Kualitas Produk (kualitas yang dipersepsikan dan estetika) terhadap Kepuasan Pelanggan. Peneliti menerapkan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dalam mengumpulkan data. Peneliti juga menggunakan aplikasi SPSS untuk menghitung serta menganalisis data untuk dapat dilihat hasilnya. Peneliti memilih responden  dengan jumlah 116 orang menggunakan metode purposive sampling dimana karakteristik responden telah peneliti tentukan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil menunjukkan bahwa kedua variabel bebas yaitu Store Atmosphere dan Kualitas produk baik secara bersama-sama maupun secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Kualitas Produk merupakan variabel yang paling dominan dalam memberikan pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci: Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

 

Downloads

Published

2017-11-22

Issue

Section

Articles