ANALISIS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO DALAM UPAYA MENGANTISIPASI TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Sawojajar Malang)

Authors

  • Stevanie Helena Lapia
  • Moch. Dzulkirom AR
  • Zahroh Z.A Zahroh Z. A

Abstract

The research aimed at knowing the creditworthiness  analysis for micro enterprises  and effort to anticipate  the bad debt. The research is case study research with descriptive method with qualitative approach.  The research focus is creditworthiness analysis of micro enterprise with 3R principle and all aspect valuation, effort to anticipate bad debt and bad debt analysis at PT. Bank Rakyat Indonesia of Sawojajar MalangUnit in period 2013-2015 by using NPL formula. Data collection technique through interview and documentation. The research showed that credit worthiness with 3R principle and comprehensive valuation have been good  but no character valuation. Preventive control of credit is good enough, but there is sag for credit plafond by officer and debtor development lack maximum.  For repressive control of credit has been done well but no restructuring.  Credit channeling improvement for micro enterprise at PT. Bank Rakyat Indonesia of Sawojajar Malang Unit is not followed with the NPL increase. Bad debt occurred because of  animus  from debtor,  credit usage deviation, credit used by third party, out of expectation condition, credit plafond sag, officer unable to  look animus of debtor and debtor development lack routine.

Keyword: Creditworthiness analysis, Anticipative effort for bad debt, NPL

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kelayakan pemberian kredit usaha mikro dan upaya mengantisipasi terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus serta metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis kelayakan pemberian kredit usaha mikro dengan prinsip 3R serta penilaian keseluruhan aspek, upaya mengantisipasi terjadinya kredit bermasalah dan analisis kredit bermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Sawojajar Malang periode 2013-2015 menggunakan rumus NPL. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ananlisis kelayakan pemberian kredit dengan prinsip 3R dan penilaian keseluruhan sudah baik tetapi belum dilakukan penilaian karakter. Preventive control of credit sudah cukup baik, karena masih adanya kelonggaran pemberian plafond kredit oleh Mantri dan pembinaan debitur yang kurang maksimal. Untuk represive control of credit sudah dilakukan dengan baik meskipun tidak ada restructuring. Peningkatan penyaluran kredit usaha mikro pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Sawojajar Malang tidak diikuti dengan meningkatnya NPL. Kredit bermasalah yang terjadi disebabkan adanya itikad tidak baik dari debitur, penyimpangan penggunaan kredit, kredit digunakan pihak ketiga, terjadi kondisi di luar dugaan, kelonggaran pemberian plafond kredit, mantri tidak bisa melihat itikad tidak baik debitur dan pembinaan debitur yang kurang rutin.

Kata kunci: Analisis kelayakan kredit, Upaya antisipasi terjadinya kredit bermasalah, NPL

Downloads

Published

2017-10-24

Issue

Section

Articles