ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN LINTAS BUDAYA EKSPATRIAT KOREA SELATAN (Studi pada Ekspatriat PT Cheil Jedang Indonesia, Pasuruan)

Authors

  • Adiesta Feby Dhaviyanti
  • Mochammad Al Musadieq

Abstract

PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan is one of the essential amino acids goods producing company from South Korea which operates in Indonesia. Cheil Jedang Group (headquarter) assigns and placed three South Korean expatriates on the top level management at PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan. In practice, South Korean expatriates brought values of South Korean culture in leading the Indonesian employees, between them there are cultural differences. The purpose of this study is to explain South Korean expatriate cross-cultural leadership style in PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan, observed by the corporate decision making, empowerment, and interpersonal communication. The study also explains the cross-cultural leadership style of expatriates affecting factors, the model of expatriate’s adjustment and the constraints experienced by expatriates in leading local employees. The research method used in this research is a descriptive research with a qualitative approach. The data was collected by triangulated interview on three South Korean expatriates and three local employees, also documentation. The analysis method used in this study are data reduction, data display and conclusion verification.

Kеywords: Expatriate, Cross- Cultural, Leadership Style

ÐBSTRÐK

PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis produk yang termasuk dalam kelompok asam amino esensial asal Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia. Cheil Jedang Group (perusahaan induk) menugaskan tiga orang ekspatriat asal Korea Selatan yang ditempatkan pada top level management di PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan. Dalam praktiknya ekspatriat Korea Selatan membawa nilai-nilai budaya Korea Selatan dalam memimpin karyawan Indonesia yang diantaranya memiliki budaya yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gaya kepemimpinan lintas budaya ekspatriat Korea Selatan di PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan, dilihat dari pengambilan keputusan perusahaan, pemberdayaan, dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini juga menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan lintas budaya para ekspatriat, model penyesuaian ekspatriat dan kendala yang dialami oleh ekspatriat dalam memimpin karyawan lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan triangulasi yang dilakukan kepada tiga orang ekspatriat Korea Selatan dan tiga orang karyawan lokal, serta dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Kаtа Kunci: Ekspatriat, Lintas Budaya, Gaya Kepemimpinan


Downloads

Published

2017-10-18

Issue

Section

Articles