ANALISIS KOMPARASI KINERJA PERBANKAN TERBESAR DI INDONESIA DAN MALAYSIA (Studi pada Bank Umum di Indonesia dan Malaysia Tahun 2011 – 2015)

Authors

  • Ayukha Asna Levia
  • Sri Sulasmiyati

Abstract

This study aims to examine the differences in financial ratios of the largest financial indicators of banks in State of Indonesia and Malaysia. Indicators - the indicators studied there are three (3), including liquidity indicators, profitability indicators and indicators of solvency. The type of research used in this study is comparative research by using a quantitative approach. Samples were taken by three (3) largest banks from Indonesia and three (3) largest banks from Malaysia during 2011 to 2015. Samples were taken using saturated sampling method. The data used are secondary data with data type of polling or data polling (combination of time series and cross sectional data). The data analysis technique been used is based on the data distribution tested with Kolmogorov-Smirnov Test. Independent T test (Independent Sample T Test) is performed when the data is normally distributed and Mann Whitney test is performed when the data is not normally distributed. All distributed ratios are normal, therefore all ratios use Independent Sample T Test. The results show that there are significant differences in the ratio of LDR, ROA, ROE, NIM, and DR of the largest banks in Indonesia and Malaysia.

Keywords: Financial Performance, Liquidity, Profitability, Solvency, Independent Sample T Test

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan rasio – rasio keuangan dari indikator – indikator keuangan perbankan terbesar di Negara Indonesia dan Negara Malaysia. Indikator – indikator yang diteliti ada tiga (3), diantaranya adalah indikator likuiditas, indikator profitabilitas dan indikator solvabilitas. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi peristiwa (event study) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak tiga (3) bank terbesar dari Indonesia dan tiga (3) bank terbesar dari Malaysia selama tahun 2011 hingga 2015. Sampel diambil dengan menggunakan metode sampel jenuh. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan jenis data poling / polling data (gabungan dari data time series dan cross sectional). Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pada distribusi data yang diuji dengan Kolmogorov-Smirnov Test. Uji T independen (Independent Sample T Test) dilakukan apabila data berdistribusi normal dan uji Mann Whitney dilakukan apabila data tidak berdistribusi normal. Seluruh rasio berdistribusi normal, oleh karena itu seluruh rasio menggunakan Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rasio LDR, ROA, ROE, NIM, dan DR perbankan terbesar di Indonesia dan Malaysia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada rasio LOA perbankan terbesar di Indonesia dan Malaysia.

Kata kunci : Kinerja Keuangan, Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Independent Sample T Test

 

Downloads

Published

2017-10-12

Issue

Section

Articles