PENERAPAN STRATEGI EMPLOYER BRANDING DAN EMPLOYEE VALUE PROPOSITION UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT (Studi Pada PT Bank Central Asia Tbk)

Authors

  • Tiffani Chandrilika Kusuma
  • Arik Prasetya

Abstract

This research purpose is to understand more about form and implementation of newly developed strategy on Human Resource in getting a well competence employee candidates and maintain senior employer by building a positive working environment and employee-oriented excellent program. That new strategy called Employer Branding and Employee Value Proposition. This research is using a descriptive models with qualitative methods. The methods of collecting data are participated observation, structured interview, and documented. The interviewees are 5 employee representative, manager, and assistant manager of PT Bank Central Asia Tbk on M.H Thamrin Street no.1, Central Jakarta. Based on the research, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk have a positive working environment, and support their employee to gain productivity. BCA also have some excellent program and employee-oriented policies. BCA, one of the biggest bank in Indonesia are aware about employer branding and form employee value proposition in getting and maintain their employee and lead the company to reach success on having a high levels employee engagement.

Keywords: Employer Branding, Employee Value Proposition, Employee Engagement.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan penerapan strategi baru yang dikembangkan pada dunia Human Resource dalam mendapatkan calon tenaga kerja yang berkompeten serta mempertahankan karyawan yang terdapat di dalam perusahaan dengan cara membentuk lingkungan kerja yang positif dan memiliki program unggulan yang berorientasi pada karyawan. Strategi yang baru tersebut disebut dengan strategi employer branding dan employee value proposition. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah 5 perwakilan karyawan, manajer dan asisten manajer PT Bank Central Asia Tbk yang bertempat di Jl. M.H Thamrin No. 1 Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan perusahaan yang mempunyai lingkungan kerja yang positif dan mendukung untuk meningkatkan produktifitas karyawannya. BCA juga memiliki serangkaian program unggulan dan kebijakan yang berorientasi pada karyawan. BCA yang merupakan salah satu perusahaan perbankan nasional terbesar saat ini telah sadar akan strategi employer branding dan membentuk employee value proposition dalam menarik dan mempertahankan karyawan dan membawa perusahaan pada kesuksesan dalam memiliki tingkat employee engagement yang tinggi.

Kata Kunci: Employer Branding, Employee Value Proposition, Employee Engagement.

Downloads

Published

2017-09-25

Issue

Section

Articles