PENGARUH KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP MOTIVASI KERJA (Studi pada Karyawan Taman Rekreasi Sengkaling (TRS))

Authors

  • Kun Denik
  • Mochammad Al Musadieq
  • Mochammad Djudi

Abstract

One of the important human resource management process in developing and improving the motivation of human resource in an organization is through work safety and work healthy. The aim of this research was to examine the influence of work safety and work healthy on work motivation in Taman Rekreasi Sengkaling (TRS).This research used explanatory quantitative method. The sample of the research were76 respondents that obtained from questionnaire of employee in TRS. The result of this research showed that work safety did nothad an impact on work motivation of employee in TRS. The result of this research also showed that work healthy had an impact on work motivation of employee in TRS.

Keywords: work safety, work healthy, motivation

ABSTRAK

Salah satu proses manajemen SDM yang penting dalam mengembangkan dan meningkatkan motivasi SDM yang bekerja pada suatu perusahaan adalah melalui program Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja terhadap Motivasi Kerja di Taman Rekreasi Sengkaling (TRS).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatifeksplanatori.Sampel dalam penelitian berjumlah 76 responden yang didapatkan dari data angket dari karyawan TRS.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keselamatan kerja tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan di TRS.Pelaksanaan keselamatan kerja di TRS, tanpa adanya usaha prefentif dan represif yang efektif.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesehatan kerja berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan di TRS.

Kata kunci: Keselamatan kerja, kesehatan kerja, motivasi

Downloads

Published

2017-09-25

Issue

Section

Articles