ANALISIS PENERAPAN STRATEGI DALAM TALENT MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA PERENCANAAN SUKSESI DAN RETAINING TALENT (Studi pada PT. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda)

Authors

  • Caesar Permata Sari
  • Arik Prasetya

Abstract

In globalization era, the competition in business world has been increasingly competitive, so, every company is required to be able to compete and maintain the continuity. to provide competent human resources and provide talent supply for important positions in the future. Talent is an individual who have high perfomer and high potential. Fulfilling the needs of competent human resources can be done through the application of effective talent management. Talent management is an organizational activity to attract, develop, motivate and retain qualified employees. This study was to describe and analyze the implementation of strategy in talent management as an effort of succession planning and retaining talent and to know the factors that support and hamper the implementation of talent management strategy at PT. Angkasa Pura I of Juanda Airport Branch Office. The result of the research shows that PT Angkasa Pura I, Juanda Airport Branch Office has implemented strategy in talent management for optimal planning and retaining talent through various development programs covering career acceleration program, experience enrichment, coaching and mentoring, while retaining talent is done by giving reward.

Kеywords:. Talent Management, Succesion Planning, Retaining Talent, Talent Development

ÐBSTRÐK

Pada era globalisasi sekarang ini persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungannya. Adapun salah satu caranya adalah dengan menyediakan sumber daya manusia yang berkompeten dan menyediakan pasokan talent untuk posisi penting di masa mendatang. Talent merupakan individu yang memiliki kinerja dan potensi yang tinggi. Pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten dapat dilakukan melalui penerapan talent management yang efektif. Talent management merupakan aktivitas organisasi untuk menarik, mengembangkan, memotivasi dan mempertahankan karyawan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan strategi talent management dalam upaya perencanaan suksesi dan retaining talent dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung serta menghambat penerapan strategi talent management di PT. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Juanda telah melaksanakan strategi dalam talent management untuk perencanaan suskesi dan retaining talent secara optimal melalui berbagai program pengembangan yang meliputi program percepatan karir, pengkayaan pengalaman, coaching dan mentoring, sedangkan retaining talent dilakukan dengan pemberian reward.

Kаtа Kunci: Talent Management, Perencanaan Suksesi, Retaining Talent, Pengembangan Talent


Downloads

Published

2017-09-20

Issue

Section

Articles