PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP EKUITAS MEREK (Survey pada Pelanggan Hotel Pelangi Malang)

Authors

  • Fathir Fathoni

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu yang terdiri dari Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung, Pemasaran Interaktif, dan Corporate Design secara bersama-sama dan parsial terhadap Ekuitas Merek. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 100 responden yang merupakan pelanggan dan menginap di Hotel Pelangi Malang. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa variabel dari Komunikasi Pemasaran Terpadu yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Hubungan Masyarakat, Pemasaran Langsung, Pemasaran Interaktif, dan Corporate Design secara secara bersama-sama berpengaruh terhadap Ekuitas Merek. Sedangkan secara parsial diketahui hanya variabel Promosi Penjualan, Penjualan Personal, Pemasaran Interaktif, dan Corporate Design yang berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek.

 

ABSTRACT

This study aims to identify and explain how the influence of Integrated Marketing Communications consists of Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relations, Direct Marketing, Interactive Marketing, and Corporate Design together and partially on Brand Equity. The type of this research is explanatory research and using questionnaires as research instruments that distributed to 100 respondents who are customers and stay at the Hotel Pelangi Malang. The results showed that variables of Integrated Marketing Communications like Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relations, Direct Marketing, Interactive Marketing, and Corporate Design is together influence on brand equity. While partially, only variable Sales Promotion, Personal Selling, Interactive Marketing, and Corporate Design had a significant effect on Brand Equity.

 

Keywords : Integrated marketing communication and Brand Equity.

 

Downloads

Published

2013-09-10

Issue

Section

Articles