ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PADA SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN DAN PELUNASAN KREDIT KETAHANAN PANGAN DAN ENERGI (KKPE) UNTUK PETANI (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Meritjan)

Authors

  • Befilla Astika Putri
  • Siti Ragil Handayani
  • Dwiatmanto Dwiatmanto

Abstract

The objective to be achieved is to analyze how the system and procedures of granting and repayment of KKPE credit and how the internal control of credit in the system and procedures of granting and repayment of credit KKPE in Meritjan Sugar Factory. Type of research used in this research is descriptive research with qualitative method. The data used in this study are primary data and secondary data obtained from the interview and documentation activities. Based on the results of analysis and interpretation of data implementation of credit granting and repayment KKPE can be assessed that the system and procedures and internal control of credit in the granting and repayment of credit KKPE still not good, that there is still a duty assignment that can cause misappropriation of authority, the absence of credit analysis, Group of credit breakers, and the absence of a sudden check.

Key Word : Internal Control, KKPE, Credit System, Credit Procedures, Credit Granting, Credit Repayment

ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai adalah menganalisis bagaimana sistem dan prosedur pemberian dan pelunasan kredit KKPE serta bagaimana pengendalian intern kredit pada sistem dan prosedur pemberian dan pelunasan kredit KKPE di Pabrik Gula Meritjan. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif.  Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa dan intepretasi data pelaksanaan pemberian dan pelunasan kredit KKPE dapat dinilai bahwa sistem dan prosedur serta pengendalian intern kredit dalam pemberian dan pelunasan kredit KKPE masih belum baik, yaitu masih terdapat adanya perangkapan tugas yang dapat menyebabkan penyelewengan wewenang, belum adanya bagian analisa kredit, kelompok pemutus kredit, serta belum adanya pemeriksaan mendadak.

Kata Kunci : Pengendalian Intern, KKPE, Sistem Kredit, Prosedur Kredit, Pemberian Kredit, Pelunasan Kredit


Downloads

Published

2017-08-29

Issue

Section

Articles