PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASIMEREK, PERSEPSI KUALITAS, LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK (Survei pada Warga Perumahan Joyo Grand Konsumen Air Minum Kemasan Merek Aqua di Kota Malang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap ekuitas merek, serta mengetahui variabel mana (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek) yang memiliki pengaruh secara dominan terhadap ekuitas merek. Jenis penelitian yang digunkan adalah eksplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Perumahan Joyo Grand Kecamatan Merjosari Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda serta analisis korelasi parsial untuk menguji hipotesis yang ditentukan.Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bebas meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh terhadap Ekuitas Merek (Y).Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri keempat variabel bebas yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Ekuitas Merek (Y). Besarnya pengaruh masing-masing variabel meliputi Kesadaran Merek (X1) sebesar 0,000, Asosiasi Merek (X2) sebesar 0,000, Persepsi Kualitas (X3) sebesar 0,001, dan Loyalitas Merek (X4) sebesar 0,004. Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Kesadaran Merek (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap Ekuitas Merek.
Kata Kunci :Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek dan Ekuitas Merek.
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty jointly or individually to brand equity, as well as knowing which variable (brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty) that have dominant influence on brand equity.Types of research that are used is explanatory research with quantitative approach. Housing research sites in Joyo Grand Malang. The samples in this study were 88 respondents to the sampling technique used is stratified random sampling. Questionnaire data collection methods. Analysis of the data used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis and partial correlation analysis to test the hypotheses specified.Resultsof multiple linearregressionanalysiscan be seen thatthe independent variablesincludeBrand Awareness(X1), Brand Association(X2), Perception Quality(X3), andBrand Loyalty(X4) effect on Brand Equity(Y).. In this study,it can be seenthatindividuallythe four independent variableswhichincludeBrand Awareness(X1), Brand Association(X2), Perceived Quality(X3), andBrand Loyalty(X4) have asignificant effect on theBrand Equity(Y). The degree of influenceof eachvariableincludeBrand Awareness(X1) of 0.000, Brand Association(X2) of 0.000, Perception Quality (X3) of 0.001, andBrand Loyalty(X4) of 0.004. Results of this studyalso showed that thevariableBrand Awareness(X1) has adominant influence onbrandequity.
Â
Keyword :BrandAwareness, BrandAssociations, Perceived Quality, BrandLoyaltyand BrandEquity