ANALISIS FUNDAMENTAL DENGAN PENDEKATAN PRICE EARNING RATIO (PER) UNTUK MENILAI KEWAJARAN HARGA SAHAM SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Subsektor Semen yang Listing di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013-2015)

Authors

  • Sofia Suryani Hakmi
  • Sri Mangesti Rahayu
  • Topowijono Topowijono

Abstract

Companies need capital to keep going and growing. The capital used by the company can come from within and outside the company. Sources of funds that are investments in shares sold to the public are referred to as external sources of funds. Capital markets provide facilities for investors and issuers to interact the sale and purchase, the capital market also serves to provide opportunities for investors as an alternative means of investment by investing their capital in financial instruments. The purpose of this research is to determine the development of the company's financial condition in terms of fundamental variables and stock prices. Based on the purposive sampling technique is to obtained 3 company to become the sample of this research. The data are financial statements from IDX for 2013-2015. This research’s result shows that PT. Sement Indonesia (Persero), Tbk (SMGR) stocks is in overvalued position, while stocks of PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk (INTP) and PT. Holcim Indonesia, Tbk (SMCB) is in an undervalued position. The right investment decision is to sell the stock. While the right decision for stocks of PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk (INTP) and PT. Holcim Indonesia, Tbk (SMCB) is buy the stocks.

Keywords: fundamental analysis, stock price reasonableness, investment decision making.

ABSTRAK

Perusahaan memerlukan modal agar dapat terus berjalan dan berkembang. Modal yang digunakan oleh perusahaan dapat berasal dari dalam dan luar perusahaan. Sumber dana yang bersifat penyertaan saham yang dijual kepada masyarakat disebut juga dengan sumber dana eksternal. Pasar modal juga berfungsi memberikan peluang bagi investor sebagai alternatif sarana investasi dengan cara menanamkan modalnya pada instrumen keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kondisi keuangan perusahaan ditinjau dari variabel fundamental dan mengetahui kewajaran harga saham dalam menentukan keputusan investasi dengan menggunakan analisis fundamental melalui pendekatan Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan sub sektor semen tahun 2013-2015 sebanyak 5 perusahaan. Berdasarkan teknik purposive sampling diperoleh 3 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dari BEI periode 2013-2015. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa saham PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk (SMGR) berada pada posisi overvalued, sedangkan saham PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk (INTP) dan PT. Holcim Indonesia, Tbk (SMCB) berada pada posisi undervalued. Keputusan investasi yang tepat adalah menjual saham tersebut. Sedangkan keputusan yang tepat untuk saham PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk (INTP) dan saham PT. Holcim Indonesia, Tbk (SMCB) adalah membeli saham-saham tersebut.

Kata kunci: analisis fundamental, kewajaran harga saham, pengambilan keputusan investasi

Downloads

Published

2017-08-16

Issue

Section

Articles