PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA AGEN FINANCIAL CONSULTANT PT. AXA FINANCIAL INDONESIA SALES OFFICE MALANG)

Authors

  • Rino Fitriansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan (studi pada agen Financial Consultant PT. AXA Financial Indonesia Sales Office Malang).

Penelitian ini dilaksanakan di PT. AXA Financial Indonesia Sales Office Malang dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah agen Financial Consultant, dan data penelitian ini berupa data primer yang bersumber dari angket. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode survey dan analisis datanya menggunakan analisis regresi, uji F dan uji t.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan kerja karyawan PT. AXA Financial Indonesia Sales Office Malang, berdasarkan hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 36,957 sedangkan F tabel 3,15, sehingga F hitung > F tabel, sedangkan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari a = 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil yang kedua menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, berdasarkan  hasil  analisis  uji t diperoleh  nilai t sebesar 2,577 dan nilai probabilitas sebesar 0,013, jadi Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil ketiga menunjukkan Gaya Kepemimpinan Transaksional berpengaruh signifikan dan dominan terhadap kepuasan kerja karyawan menggunakan uji t, berdasarkan hasil analisis  uji t diperoleh  nilai t sebesar 5,779 dan nilai probabilitas sebesar 0,000, jadi Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti berikutnya, sebagai bahan penelitian pada bidang ilmu pengetahuan kepemimpinan atau ilmu pengetahuan yang sejenisnya.

 

Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional, gaya kepemimpinan transaksional, kepuasan kerja Abstract


Leadership style is one of the most important factors of success of an organization. Leadership style is defined as a pattern of behavior designed to integrate the interests and personnel in order to pursue several objectives. Leadership role in managing the available resources, especially human resources will show the progress or regress of the organization.

The research aims to clarify the influence of transformational and transactional leadership styles on job satisfaction of employees at PT. AXA Financial Indonesia Malang branch simultaneously, explaining the effect of transformational leadership style on job satisfaction of employees at PT. AXA Financial Indonesia Malang Branch, and explain the effect of transactional leadership styles on job satisfaction of employees at PT. AXA Financial Indonesia Malang Branch. This type of research is a kind of research explanations (explanatory research). The number of samples in the study were 53 respondents. The analysis technique used is multiple regression analysis, t test and F test

Transformational and transactional leadership styles simultaneously significant effect on job satisfaction of employees at PT. AXA Financial Indonesia, indicated by a significant F value of 0.000 is  = 0.05 (0.000 a smaller than  <0.05) and to contribute to the variable performance of employees by 58%. Transformational leadership style significantly influence job satisfaction of employees at PT. AXA Financial Indonesia, indicated by the significant value of 0,013 t less  = 0.05 (0.000 a than  <0.05) with a regression coefficient of 0.183. Transactional leadership styles have a significant effect on the performance of employees at PT. AXA Financial Indonesia, indicated by the significant value of 0.000 t  = 0.05 (0.000asmaller than  <0.05) with a regression coefficient of 0.493.

Downloads

Published

2013-08-30

Issue

Section

Articles