ANALISIS.FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN TETAP DAN KARYAWAN KONTRAK (Studi pada Karyawan Pizza Hut Kota Malang)

Authors

  • Tri Rahmawati
  • Arik Prasetya

Abstract

This research based on the importance,of Organizational Citizenship Behavior (OCB) for employees in an organization, because the organization will obtained many benefits if they have an employees with the high level of OCB. Therefore, the organization needs to know the things which can cause and or increase the OCB of employees. This.research aims to understand and analysis; 1) the components of the factors that influence the OCB; 2) the dominant factor that influence the OCB; 3) whether there are a differences in factors that influence the OCB between permanent employees and contract employees of Pizza Hut in Malang City. The result of factor.analysis shows that there are twenty two components which construct eight factors with seventy total items can influence the OCB. The dominant factor that influence the OCB is a trust in leadership factor. The result of Independent Samples T Test shows that there are no significant differences in factors that influence the OCB when viewed.from the factors of job satisfaction, organizational commitment, employee’s personality, motivation, leadership style, trust in leadership, and organizational culture factors. However, there is a significant.difference in factor that influence the OCB when viewed from the factor of employee's morality.

Keywords : Organizational Citizenship Behavior (OCB), Permanent Employees, Contract Employees

 

ABS.TRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya. Organizational Citizenship Behavior (OCB) bagi karyawan di dalam suatu organisasi, karena banyak manfaat yang diperoleh organisasi dengan memiliki karyawan dengan OCB yang tinggi. Oleh karenanya organisasi.perlu untuk mengetahui hal-hal yang dapat menumbuhkan dan atau meningkatkan OCB karyawan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) komponen – komponen yang membentuk faktor – faktor yang mempengaruhi OCB; 2) faktor yang mempengaruhi OCB secara dominan; 3).apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara faktor – faktor yang mempengaruhi OCB antara karyawan tetap dan karyawan kontrak Pizza Hut Kota Malang. Hasil.analisis faktor menunjukkan bahwa komponen - komponen yang membentuk faktor - faktor yang mempengaruhi OCB terdiri dari dua puluh dua komponen yang membentuk delapan faktor dengan total item sebanyak tujuh puluh. Faktor yang mempengaruhi OCB secara dominan adalah faktor kepercayaan pada pimpinan. Hasil uji beda menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada faktor – faktor yang mempengaruhi OCB karyawan tetap dan karyawan kontrak bila dilihat dari faktor kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, motivasi, gaya kepemimpinan, kepercayaan pada pimpinan, dan faktor budaya organisasi. Namun terdapat perbedaan yang signifikan pada faktor yang mempengaruhi OCB antara karyawan tetap dan karyawan.kontrak Pizza Hut Kota Malang bila dilihat dari dari faktor moral karyawan.

Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior (OCB), Karyawan Tetap, Karyawan Kontrak

Downloads

Published

2017-07-21

Issue

Section

Articles