PERAN BRAND COMMUNITY DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE (Studi Kasus Pada Komunitas Vario Owner Club Malang)

Authors

  • Diki Anjasmoro Putro
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

This study discussed the development of the model approach in creating a brand image that become the current trend in the community. This study also aims to determine the role of the brand community in shaping the brand image. Several theories that underlie this research are the motivation of consumers in following the community and also the components contained within the community that will encourage the creation of brand image. This research uses qualitative research approach by using a descriptive method. Interviews, observation and documentation are needed for collecting data techniques. The results show that the motivation to join the community is to channel their hobby, and exchange information and knowledge. The formation of brand image in this community  is unplanned and the emergence of brand image is the impact of the behavior of members of the community such as maintaining the brand name, fraternity, socialize safety riding, obeying traffic and also social activities.

Keywords : Brand Community, Brand Image

ÐBSTRÐK

Penelitian ini membahas mengenai perkembangan model pendekatan  dalam menciptakan brand image yang menjadi tren saat ini melalui komunitas. Tidak hanya itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran brand community dalam membentuk brand image. Beberapa teori yang mendasari penelitian ini yaitu mengenai motivasi konsumen dalam mengikuti komunitas dan juga komponen yang terdapat didalam komunitas yang akan mendorong terciptanya brand image. Penelitian ini mengunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di butuhkan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi untuk bergabung dengan komunitas adalah untuk menyalurkan hobinya, bertukar informasi dan juga bertukar ilmu. Tidak hanya itu terbentuknya brand image di dalam komunitas ini tidak terencana dan munculnya brand image tersebut dampak dari perilaku anggota komunitas seperti menjaga nama baik merek, menjalin persaudaraan, melakukan sosialisasi safety riding, mematuhi lalu lintas dan juga melakuakan kegiatan sosial.

Kаtа Kunci : Komunitas Merek, Citra Merek


Downloads

Published

2017-06-22

Issue

Section

Articles