IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA (Studi Kasus Pada Seventy Razors Barbershop Cabang Malang)

Authors

  • Mochamad Robawi Diyar
  • Endang Siti Astuti
  • Kertahadi Kertahadi

Abstract

Malang Branch Company Seventy Razors Barbershop is one of the companies engaged in services, and the type of services offered are haircut services. Vision of the Seventy Razors Barbershop is to become a leading group barbershop and offering comperhensive barber services. The aim of this study was to identify how the procedures and information systems implementation1tendence1services at branch Malang Seventy Razors Barbershop. This type of reaserch uses,,qualitative research, is used to identify how the implementation of information system services at branch Malang Seventy Razors Barbershop. Used data,collection techniques in this research is through,interviews with,triangulation of data, documentation and observation nonpartisipant. The results showed that the procedures that applied in the transaction is good enough, however, there is still some weaknesses were found in the field. Although the procedures used is quite good but there is some parts that are still not efficient enough becouse, as in the calculation of monthly amount in the form of the number of customers that have been served by each barber, counting sallary is still manual, the data arae sometimes still scattered, and the absence of regulations written associated with the respective responsibillities of each position

Keywords : Implementation Information System, Triangulasi, Services.

ABSTRAK

Seventy Razors Barbershop Cabang Malang merupakan salah satu perusahaan yang gerak di bidang tenaga, dan jenis tenaga yang dikasih adalah rambut potong.Visi dari Seventy Razors Barbershop adalah menjadi tempat tang Barbershop banyak tau menawarkan jasa barber yang komperhensif. Tuju peneliti dari ini adalah untuk menginden tifikasi bagaimana prosedur dan implement tasi sistem informasi pelayanan jasa pada Seventy Razors Barbershop cabang Malang.Peneliti ini gunakan tipe penelitian yang kualitatif yang digunakan untuk mengindnetifikasi bagaimana implementasi sistem informasi pelayanan jasa pada Seventy Razors Barbershop layer Malang. Teknik kumpul data yang dipake dalam penelitian ini itu melalui wawancara dengan triangulasi data, dokumentasi dan observasi nonpartsipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam prosedur yang diterapkan dalam melakukan transaksi sudah cukup baik, namun, masih ada beberapa kelemahan yang ditemukan di lapangan. Walaupun prosedur yang digunakan sudah cukup baik tetapi ada beberapa bagian yang masih belum efisien karena seperti dalam penghitungan jumlah bulanan berupa jumlah pelanggan yang telah dilayani per tiap barber-nya, penghitungan gaji yang masih manual, data yang terkadang masih tercecer, dan belum adanya peraturan-peraturan tertulis yang terkait dengan masing-masing tanggung jawab setiap jabatan.

Kata kunci : Implementasi sistem informasi, triangulasi data, pelayanan.

Downloads

Published

2017-06-22

Issue

Section

Articles