PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK (Brand Awareness) (Survei pada Kartu Telepon GSM IM3 terhadap Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2009/2010 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Authors

  • Luodfi Wardhana

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh secara parsial dan bersama-sama terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3, serta mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa isi pesan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,873 di mana sig. < 0,05.  Untuk variabel struktur pesan (X2) tidak berpengaruh terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -1,246 di mana sig. > 0,05. Selanjutnya untuk variabel format pesan (X3) berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek (Y), ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,790 di mana sig. < 0,05. Serta untuk variabel sumber pesan (X4) diketahui tidak berpengaruh terhadap kesadaran merek (Y), diketahui dengan ditunjukkan dengan nilai t hitung 0,726 di mana sig. > 0,05. Hasil analisis terhadap variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh sebesar 0,496 (R2) atau sebesar 49,6% secara bersama terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3, Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek mahasiswa dalam memilih kartu telepon GSM IM3, adalah variabel format pesan (X3) karena diperoleh nilai t-hitung yang lebih besar dari nilai t-hitung variabel bebas lainnya dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan dan Kesadaran Merek

 

Abstract

The purpose of this research is to know the contents of messages, message structure, message format and message source and the partial effect jointly to the student brand awareness in choosing a phone card GSM IM3, and to know which variables are the dominant influence on brand awareness in the student choose a card GSM phones IM3. Based on the results of this research note that the content of the message (X1) significant effect on brand awareness (Y), shown with a t value of 2.873 where sig. <0.05. For variable message structure (X2) has no effect on brand awareness (Y), the t value is -1.246 where sig. > 0.05. the variable message format (X3) significantly affects brand awareness (Y), shown with t value of 3.790 where sig. <0.05. As well as for variable message source (X4) is known to have no effect on brand awareness (Y), known with the indicated 0.726 t value where the sig. > 0.05. The results on variable message content, message structure, message format and message source effect of 0.496 (R2) of 49.6% or collectively to brand awareness of students in choosing a phone card GSM IM3, the dominant variables that influence students in choosing brand awareness GSM phone card IM3, is a variable message format (X3) as obtained by the t-value is greater than the value of t-count other independent variables in this study.

Keywords: message content, message structure, message format, message source and Brand Awareness

Downloads

Published

2013-08-30

Issue

Section

Articles