PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang)

Authors

  • Mohammad Rifky Bagus Pratama
  • Mochammad Al Musadieq
  • Gunawan Eko Nurtjahjono

Abstract

Companies in the competition need to pay attention, factors from outside and inside. It’s mean that  human resource factor. Human resources are important to note because it can maintain the company's continuity. In practice employeneed to be given motivation because to continue to be productive for the company. Another factor is job satisfaction because with employee satisfaction will feel appreciated for his efforts in developing the company. Quantitative approach taken in this study by taking the number of samples of 100 people who are employees of Giant Mall Olympic garden Malang. Based on these calculations, it can be concluded that partially and simultan Work Motivation and Job Satisfaction has a significant effect on Employee Performance. Mean while, descriptive analysis shows with the motivation of work and job satisfaction that is at a strong level, there is a strong employee performance as well.

Keywordsw: Work Motivation, Job Satisfaction, Employee Peformance

ABSTRAK

Perusahaan dalam persaingannya perlu memperhatikan faktor dari luar dan dalam. Faktor dalam yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu faktor sumber daya manusia. Sumber daya manusia penting untuk diperhatikan karena dapat menjaga kelangsungan perusahaan.Karyawan dalam prakteknya perlu diberikan motivasi karena agar terus dapat produktif untuk perusahaan. Faktor lainnya yaitu kepuasan kerja karena dengan adanya kepuasan karyawan akan merasa dihargai jerih payahnya dalam mengembangkan perusahaan. Pendekatan kuantitatif diambil dalam penelitian ini dengan mengambil jumlah sampel sebesar 100 orang yang merupakan karyawan Giant Mall Olympic garden Malang. Deskriptif statistik dan regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Sementara itu, analisis deskriptif menunjukan bahwa dengan adanya motivasi kerja dan kepuasan kerja yang berada pada tingkat kuat, didapatkan kinerja karyawan yang kuat pula.

Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

 

Downloads

Published

2017-06-14

Issue

Section

Articles