PENGARUH GREEN ADVERTISING TERHADAP PERSEPSI TENTANG GREEN BRAND DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI ANGKATAN 2010/2011 UNIVERSITAS BRAWIJAYA KONSUMEN AIR MINUM KEMASAN MEREK ADES)

Authors

  • Ardik Praharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Green Advertising terhadap Persepsi Tentang Green Brand dan Keputusan Pembelian. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tujuan Iklan (X1), Kerangka Pesan (X2), Elemen Pesan (X3), Manfaat Konsumen (X4), Faktor Pendukung (X5), sedangkan variabel intervening dalam penelitian ini adalah Persepsi Tentang Green Brand (Z), dan variabel endogen dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian (Y).

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, mahasiswa angkatan 2010/2011, konsumen air minum merek ADES. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dan analisis path.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan beberapa variabel Green Advertising (X) terhadap variabel Persepsi Tentang Green Brand (Z) yang ditunjukkan nilai signifikansi  0,000 (< α 0,005) dengan hasil pada RSquare1 sebesar 0,369 dan terdapat pengaruh yang signifikan beberapa variabel Green Advertising (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) melalui variabel Persepsi Tentang Green Brand (Z) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<α 0,005) dan hasil RSquare2 sebesar 0,466. Penelitian ini menunjukkan pengaruh Green Advertising (X) terhadap Persepsi Tentang Green Brand (Z) sebesar 36,9% dan pengaruh Green Advertising (X) yang diperkuat variabel intervening yaitu Persepsi Tentang Green Brand (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang berpengaruh sebesar 46,6%. Berdasarkan pengujian tersebut dapat diketahui bahwa variabel Persepsi Tentang Green Brand (Z) memperkuat variabel Green Advertising (X) sehingga keduanya mempengaruhi variabel endogen Keputusan Pembelian (Y). Keberhasilan iklan ADES dalam menerapkan strategi green advertising pada iklan di televisi, harus dapat menjaga eksistensinya dengan menayangkan iklan hijau dengan versi lainnya, sehingga khalayak luas dapat mempersepsikan tentang green brand dan nantinya dapat membuat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Green Advertising, Green Brand, dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2013-08-30

Issue

Section

Articles