PENGARUH BAURAN PROMOSI PARIWISATA TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Pada Kediri Water Park Kabupaten Kediri)

Authors

  • Faisal Akbar
  • Yusri Abdillah
  • Topowijono Topowijono

Abstract

Promotion by companies engaged in tourism services capable of provoking and motivational factors that influence tourists to visit a tourist attraction. The purpose of this study was to determine the influence of Tourism Promotion Mix (X) on Motivation Been Travelers (Y). This study uses an explanatory research with quantitative approach. The object of this study was the visitors Kediri Kediri Water Park. Purposive sampling of formula Malhotra and get 100 respondents. The analytical method used is descriptive analysis and regression analysis. The results of this study simultaneously is variable Promotion Mix has a significant influence amounted to 0.861 and 0.000 Fhitung with the number probability 0.000 (p <0.05). The results obtained have concluded that tourism promotion mix of 86.1% having an influence in affecting the motivation of visiting tourists. Partially, variable advertising and personal sales are not significant influence, while variable sales promotion, direct marketing, word of mouth has a significant influence on the motivation variable visiting tourists.

Keywords: Promotion Mix Tourism, Motivaton Visits Traveller

ABSTRAK

Promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa pariwisata mampu menimbulkan rangsangan dan faktor yang mempengaruhi motivasi wisatawan berkunjung ke sebuah objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Promosi Pariwisata (X) terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan (Y). Penelitian ini menggunakan merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pengunjung Kediri Water Park Kabupaten Kediri. Menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Malhotra dan mendapatkan 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini secara simultan adalah variabel Bauran Promosi memiliki pengaruh signifikan sebesar 0,861 dan fhitung sebesar 0,000 dengan angka probabilitas  0,000 (p<0,05). Hasil yang diperoleh memiliki kesimpulan bahwa bauran promosi pariwisata memilik pengaruh sebesar 86,1% dalam mempengaruhi motivasi berkunjung wisatawan. Secara parsial, variabel periklanan dan penjualan pribadi terdapat pengaruh tidak signifikan, sedangkan variabel promosi penjualan, direct marketing, word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel motivasi berkunjung wisatawan.

Kata kunci: Bauran Promosi Pariwisata, Motivasi Berkunjung Wisatawan

Downloads

Published

2017-04-21

Issue

Section

Articles