PENGARUH E-WOM DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang)

Authors

  • Alfian Widyanto
  • Sunarti Sunarti
  • Edriana Pangestuti

Abstract

The research discussed The Influence Electronic Word of Mouth in Instagram on Visit Intention and Visit Decision. The location of this research was Hawai Waterpark Malang and the sample was 120 visitors who had visited Hawai Waterpark after received information in Instagram. This research used explanatory research. Purposive sampling was the technique sampling used in this research. Questionnaire used for data collecting method. Data analysis of this research used decriptive and path analysis. Based on the result of this research, it was recommended for Hawai Waterpark to gived more intention the important of e-wom for marketing and information. Beside, Hawai waterpark should increase quantity of the facilities given to make feel comfortable for the visitor. Furthermore, for the reviewer who had experienced to visited Hawai waterpark, to had open mind and give access for other people who want more information about Hawai Waterpark. Keywords: Electronic Word of Mouth, Visit Intention, Visit Decision ABSTRAK Penelitian ini membahas Pengaruh  Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Penelitian ini berlokasi di Hawai Waterpark Malang dengan sampel sebanyak 120 pengunjung yang memutuskan berkunjung setelah menerima informasi di Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan. Purposive sampling merupakan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan Hasil penelitian ini maka disarankan kepada pihak pengelola Hawai Waterpark untuk memberi perhatian khusus akan pentingnya peran e-WOM bagi pemasaran dan pemberian informasi. Selain itu juga diperlukan adanya peningkatan kuantitas fasilitas untuk dapat lebih memberi kenyamanan pada pengunjung. Lebih jauh kepada pemberi informasi (reviewer) yaitu pengunjung yang telah berpengalaman untuk lebih terbuka dan memudahkan akses orang lain yang ingin mengetahui informasi tentang Hawai Waterpark. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung

Downloads

Published

2017-04-18

Issue

Section

Articles