PENGARUH SERVICE MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN JASA) TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada Pengguna Armada Bus Pariwisata PO. Anto Wijaya Tour Ponorogo)

Feisal Abidin, Zainul Arifin, Edy Yulianto

Abstract


The study aims to understand and clarifity: the influence of Service Marketing Mix on Brand Image, the effect of Brand Image on Purchase Decisions, the influence of Service Marketing Mix on Purchase Decisions. The type of this research is explanatory research with quantitative method. The variables are Service Marketing Mix, Brand Image and Purchase Decisions. The population in this research is User of the tourism bus of PO. Anto Wijaya Tour Ponorogo. There sample used in this research was 116 people chosen with purposive sampling and data collection methode is questionneres, and analysis of data used descriptive analysis and path analysis. The results of path analysis shows that, Service Marketing Mix Variable have significant effect on Brand Image Variable, Brand Image Variable have significant effect on Purchase Decisions Variable and Service Marketing Mix Variable have significant effect on Purchase Decision Variable.

Keywords: Service Marketing Mix, Brand Image, Purchase Decisions

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: pengaruh Service Marketing Mix terhadap Citra Merek, pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Service Marketing Mix, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah pengguna armada Bus Pariwisata PO. Anto Wijaya Tour Ponorogo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisys). Hasil analisis jalur (path analisys) menunjukkan bahwa, Variabel Service Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Variabel Citra Merek, Variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian, Variabel Service Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Service Marketing Mix, Citra Merek, Keputusan Pembelian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.