PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN MULTINASIONAL (Survei pada Konsumen Unilever di Indonesia Mengenai Program “Project Sunlight” PT Unilever Indonesia Tbk.)

Authors

  • Novia Dessy Kartikasari
  • Kadarisman Hidayat
  • Edy Yulianto

Abstract

This research aims to explain the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) to the company's image. The type of research is explanatory research. The variables in this research consisted of CSR as an independent variable and the company's image as the dependent variable. The questionnaire used in collecting the data in this research. Selection of respondents using incidental sampling technique and obtained as many as 116 respondents. Analysis of the data used are descriptive analysis and multiple regression analysis. The coefficient of determination is 0.944, which means that 94.4% company’s image variable will be influenced by the independent variable, namely the Economic, Social, and Environmental. While the remaining 5.6% company’s image variable will be influenced by other variables that are not addressed in this research. The results of multiple regression analysis can be concluded that the independent variables have a significant influence on the company’s image simultaneously and partially.

Keywords: Corporate Social Responsibility, Company’s image, and Multinational Company

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dari Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari CSR sebagai variabel bebas dan citra perusahaan sebagai variabel terikat. Angket digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini. Pemilihan responden menggunakan teknik Incidental Sampling dan didapatkan sebanyak 116 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,944 yang berarti bahwa 94,4% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Sedangkan sisanya 5,6% variabel citra perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra perusahaan secara simultan dan parsial.

Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Citra Perusahaan, dan Perusahaan Multinasional

Downloads

Published

2017-03-08

Issue

Section

Articles