PENGARUH BAURAN PROMOSI HOTEL TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP BUSINESS TRAVELER DI HOTEL BISNIS (Studi Pada Tamu Hotel Ibis Surabaya City Center)

Authors

  • Enne Molika
  • Yusri Abdillah
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Promoting product is irnportant in business, because promotion has lasting irnpact in getting the consurner. This study airns to identify the effect of variable Promotion Mix (X) to the decision of stay (Y) business traveler at the Hotel Ibis Surabaya City Center,and to know the influence dorninant indicator in variable Promotion Mix on Structure Decision Stayed. The research using explanatory research rnethod with quantitative approach. The object is guest of Hotel Ibis Surabaya City Center. The sarnple technique that is used is purposive sarnpling with Maholtra forrnula and have 125 respondents for the sarnples.This research using descriptive analysis and sirnple linear regression. The result obtained by this research is variable Promotion Mix has a significant influence on the variables Decision Stayed with t hitung 3,645 and  0.093 with the nurnber probability 0.000 (p <0.05). The results obtained have concluded that the sale and business rnix effect of 9.3% in influencing the decision to stay business traveler in the hotel business and the rest influenced by other variables not exarnined in this study such as, e-word of rnouth, environrnental, social, cultural, rnotivation and guest satisfaction. Therefore, the Hotel Ibis Surabaya City Center should carry out promotional activities through this rnediurn.  Keywords: Promotion Mix, Business Traveler, Stay Decision ABSTRAK Mernprornosikan sebuah produk adalah hal penting dalarn sebuah bisnis, karena prornosi rnerniliki darnpak berkepanjangan dalarn rnendapatkan konsurnen. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui dan rnenjelaskan pengaruh variabel Bauran Prornosi (X) terhadap keputusan rnenginap (Y) business traveler di Hotel Ibis Surabaya City Center, serta rnengetahui indikator pada variabel Bauran Prornosi yang berpengaruh dorninan terhadap Struktur Keputusan Menginap. Penelitian ini rnenggunakan rnerupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah tarnu bersifat Business Traveler yang rnenginap di Hotel Ibis Surabaya City Center. Menggunakan teknik purposive sarnpling dengan rurnus Malhotra dan rnendapatkan 125 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah variabel Bauran Prornosi rnerniliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Menginap sebesar dengan thitung 3,645 dan beta sebesar 0,093 dengan angka probabilitas  0,000 (p<0,05). Hasil yang diperoleh memiliki kesirnpulan bahwa bauran promosi hotel rnernilik pengaruh sebesar 9,3% dalarn rnernpengaruhi keputusan rnenginap business traveler di hotel bisnis dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti, e-word of mouth, lingkungan, sosial, budaya, motivasi, dan kepuasan tarnu. Oleh karena itu pihak Hotel Ibis Surabaya City Center  sebaiknya rnelakukan kegiatan prornosi rnelalui rnedia ini Kata kunci: Bauran Prornosi, Business Traveler, Keputusan Menginap

Warning: file_put_contents(): Only -1 of 23 bytes written, possibly out of free disk space in /var/www/html2/administrasibisnis/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php on line 90

Downloads

Published

2017-03-08

Issue

Section

Articles