ANALISIS BISNIS tDENGANt PENDEKATANt BLUEt OCEANt STRATEG t DALAM MENCIPTAKAN RUANG PASAR BARU BERSKALA INTERNASIONAL (Studi Kasus pada PT Kebon Agung)

Authors

  • Hendy Carol Chrisnathaniel
  • Wilopo Wilopo
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

This .study .aims to identify and analyze the strategy before and after the .company .implemented a blue .ocean strategy(BOS) in creating new market spaceainternational scale, as well as in evaluating the blue ocean strategy findings at PT Kebon Agung. This study is based on the objective includedain the descriptivesresearch with exploratory .model .approach .Sequential .Mixed .Methods. Data used include the primaries datas and secondaries datas. Data was collected through interviews, questionnaires, documentation, and observations. The first research results shows that before the BOS implementation focuses on the company's three main products, namely sugar with business factors of price, quality, packaging, distribution, raw materials retrieval and product diversity; business drops by a factor of price and quality; and the dregs of the business factors of price, quality, distribution and products diversity. Second findings BOS PT Kebon Agung found dregs pellet is analyzed with the approach of the 6 BOS principles. The third evaluation found that pulp pellets have a high function, namely as a fertilizer and alternative fuels; has selling cheaper products, namely wood pellet bride; value cost effective prices with analysis NPV>0 with the amount value is 7952; There’re have problems in inventory raw materials management.

Keywords: Blue ocean strategy (BOS), bagasse pellet, creating new market space international scale.

ABSTRAK

Penelitian .ini .bertujuan .mengetahui dan menganalisis strategi sesudah dan sebelum perusahaan  menjalankan strategi blue ocean strategy (BOS) dalam menciptakan pasar baru di pasar internasional, sekaligus dalam mengevaluasi temuan blue ocean strategy pada PT Kebon Agung. Penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan model exploratory Sequential Mixed Methods. Jenis data yang digunakan diantaranya adalah data-data primer dan data-data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan observasi. Hasil pertama penelitian menunjukkan sebelum penerapan BOS perusahaan hanya berfokus pada 3 produk utama, yaitu gula dengan faktor bisnis harga, kualitas, kemasan, distribusi, pengambilan bahan baku, dan keanekaragaman produk; tetes dengan faktor bisnis harga dan kualitas; dan ampas dengan faktor bisnis harga, kualitas, distribusi dan keanekaragaman produk. Kedua temuan blue ocean strategy PT Kebon Agung yang ditemukan adalah ampas pellet yang dianalisa dengan pendekatan 6 prinsip blue ocean strategy. Ketiga evaluasi yang didapatkan bahwa ampas pellet memiliki fungsi tinggi yaitu sebagai pupuk dan bahan bakar alternatif; memiliki nilai jual yang lebih murah dengan produk pengantinya yaitu wood pellet; memiliki nilai harga biaya yang efektif dengan analisa NPV>0 dengan besaran nilai 7.952; Terdapat permasalahan dalam manajemen persediaan bahan baku.

Kata.Kunci: Blue ocean strategy, ampas pellet,/menciptakan ruang pasar baru.

Downloads

Published

2017-02-09

Issue

Section

Articles