PENGARUH KEMUDAHAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN PENGGUNAAN SMS BANKING (Studi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya)

Andri Daisy Rahmad, Endang Siti Astuti, Ryadi Riyadi

Abstract


The purpose of this research to know the effect of easiness to trust and SMS banking utilization. The kind of research is explanatory research with the quantitative approach. Sample in this research was student business administration brawijaya university which consisted of 96 respondents. The technique sample used simple random sampling. Descriptive analysis and path analysis are use to analyze research hypothesis. Hypothesis in this research: first easiness of use SMS banking significant to consumer trust in use SMS banking, the second hypothesis is consumer trust significant to use SMS banking, the third hypothesis easiness of use SMS banking take effect significant to use SMS banking.Result of this study revealed that from facilitation variable (X1) and trust (Y1), it has significant effect with significance value of 0,000 (p<0,005), while for trust variable (Y1) toward SMS Banking utilization (Y2) showed significant effect with significance value 0,000 (p<0,005) and facilitation variable (X1) toward SMS Banking utilization (Y2) showed significant effect with significance value of 0,000 (p<0,05). R square values were obtained for effect of facilitation (X1) toward trust (Y2) with 39,9% and effect of facilitation (X1) and trust (Y1) toward SMS Banking utilization (Y2) with 59,8%

Keywords: easiness, Trust, SMS banking

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kepercayaan dan SMS baniking. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan administrasi bisnis Universitas Brawijaya yang berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis deskriptif dan analisis path digunakan untuk menganalisis hipotesis penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama, kemudahan menggunakan SMS banking berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen dalam penggunaan SMS banking, hipotesis yang kedua adalah kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap penggunaan SMS banking, hipotesis yang ketiga kemudahan menggunakan SMS banking berpengaruh signifikan terhadap penggunaan SMS banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari variabel kemudahan (X1) dan kepercayaan (Y1) berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05), variabel kepercayaan (Y1) terhadap penggunaan SMS Banking (Y2) menunjukan signifikan dengan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05), dan kemudahan (X1) terhadap penggunaan SMS Banking (Y2) yang signifikan dengan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05). Diketahui dari nilai R square pengaruh kemudahan (X1) terhadap kepercayaan (Y2) sebesar 39,9%, dan pengaruh Kemudahan (X1) dan Kpercayaan (Y1) terhadap penggunaan SMS Banking (Y2) sebesar 59,8%

Kata kunci : Kemudahan, Kepercayaan, SMS banking


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.