CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMBENTUK CITRA PERUSAHAAN DI JAWA TIMUR PARK 1 KOTA BATU

Authors

  • Dimas Mirawan
  • Djamhur Hamid
  • Rizki Yudhi Dewantara

Abstract

This research employed descriptive type of research with qualitative approach. The data in this paper was taken through interview, observation, and documentation. The data determination technique used was primary and secondary data with the informants were the manager of Jawa Timur Park 1 Batu City toward the activity of CSR programs, soc!ety and the employees who were act!vely involved in the development of CSR programs, tourists and society became more loyal to visit Jawa Timur Park 1 Batu City. Data analysis used was interacyive model proposed by Miles and Huberman. Data validation test used was triangulation method proposed by Sugiyono. Based on the result of this research, CSR programs are influence toward the ima ge of the company through those already applied by Jawa Timur Park 1 Batu City, from promotion activity, company social marketing, philanthropy activity, volunteering, practice and business with social responsibility, direct involvement, and cooperating with other parties.

Keywords: CSR Programs, Company Image, Jawa Timur Park 1 Batu City

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian melalui metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penulisan ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan informan yaitu pengelola Jawa Timur Park 1 kota Batu terhadap keg!atan program-program CSR, Masyarakat dan karyawan yang berperan pro aktif dalam pengembangan program-program CSR Jawa Timur Park 1 Kota Batu, Wisatawan dan masyarakat lebih loyal untuk mengunjungi di kawasan Jawa Timur Park 1 Kota Batu. Analisis data yang digunakan adalah Model interaktif yang dikemukakan oleh M!les dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan adalah Metode triangulasi data yang dikemukakan oleh sugiyono. Berdasarkan hasil penelitian, maka program-program CSR pembentuk terhadap citra perusahaan yang sudah diterapkan  perusahaan Jawa Timur Park 1 Kota Batu melalui program-program CSR perusahaan Jawa Timur Park 1 dari segi penyebab promosi, pemasaran sosial perusahaan, kegiatan filantropi perusahaan, sukarela perusahaan, praktik bisnis yang memiliki tanggung jawab sosial, keterlibatan langsung, dan bermitra dengan pihak lain.

Kata Kunci: Program-Program CSR, Citra Perusahaan, Kawasan Jawa Timur Park 1 Kota Batu

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

Articles