AN EXPLORATION OF STRATEGIC ALLIANCE IN THE IMPROVEMENT OF AIRLINES’ PERFORMANCE (A Case Study of PT Garuda Indonesia)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi penimgkatan kinerja perusahaan untuk memenuhi persyaratan keanggotaan SkyTeam yang berkualifikasi tinggi. Penelitian ini juga mengeksplorasi pengaruh jaringan yang mampu diperoleh perusahaan dan peningkatan integrasi pelayanan ground yang SkyTeam tawarkan ke pelanggan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan mewawancarai unit Aliansi dan Manajemen Kerjasama serta unit Pelayanan Ground PT Garuda Indonesia. Data sekunder diperoleh dari dokumen perusahaan dan berita terbaru yang berkaitan dengan tema penelitian. Temuan menunjukkan bahwa bergabungnya Garuda Indonesia dengan SkyTeam meningkatkan kinerja perusahaan dalam konteks sistem pelayanan pelanggan, kualitas keamanan, kapabilitas sumber daya manusia, pemahaman merek, dan proses transfer pengetahuan. Lebih dari itu, aliansi global SkyTeam memberikan pasar potensial baru untuk Garuda Indonesia ke China, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Terintegrasinya pelayanan ground yang SkyTeam tawarkan juga meningkatkan indeks kepuasan pelanggan dari pelayanan maskapai Garuda Indonesia. Selain itu, Garuda Indonesia juga menghadapi tantangan untuk menyesuaikan sistem pelayanan pelanggan yang modern, petugas ground yang kurang pemahaman akan produk SkyTeam, dan implementasi SkyTransfer yang menyesuaikan fasilitas dan infrastruktur bandara.
Kata kunci: strategi, aliansi, global, penerbangan, kinerja, peningkatan
ABSTRACT
The purpose of this research is to explore the improvement of company’s performance while comply the high qualified SkyTeam membership requirements. This research also explores the networking impact that company able to obtain, and improvement of integrated ground service that SkyTeam offers to passenger. Research method that used in this research is qualitative method with case study approach. Data sources in this research are primary data, by doing interview with Alliance and Partnership Management and Ground Service Unit from PT Garuda Indonesia, and secondary data from company’s documents, and news update which is related to the research theme. The result shows that joining Garuda Indonesia to SkyTeam improve company’s performance in terms of passenger service system, quality of safety, human capital skills, brand recognition, and knowledge transfer process. Further, SkyTeam provide new potential market for Garuda Indonesia to Greater China, America, Europe, and Middle East. The integrated ground service that SkyTeam offers also increase the customer satisfaction index for Garuda Indonesia service. Besides that, Garuda Indonesia also faces some obstacles to adjust the high modern passenger service system, ground service officer which lack of SkyTeam product knowledge, and implementation of SkyTransfer which adjust the airport infrastructure and facility.
Keywords: strategy, alliance, global, airline, performance, improvement