ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN EKSPOR (Studi Pada Perusahaan Pt Kaltim Prima Coal)

Authors

  • Yosua Halomoan Iulando Siregar
  • Sunarti Sunarti

Abstract

PT Kaltim Prima Coal is one of the largest coal company in Indonesia, whichs located in Sangata, East Kutai, East Kalimantan. One objective of the company is a producer of coal with high competitiveness whose products are demand by consumers, so it takes a marketing strategy to increase sales and to competeeffectively both domestically and abroad and increase sales volume unstable. The purpose of this research is knowing the opportunities, threats, strengths and weaknesses in exports, knowing the marketing strategy applied by the company and to analyze the appropriate strategy used by companies to increase the volume of export sales. This type of research is descriptive with approach qualitative. The analytical method used is the SWOT analysis (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats), with matrix EFAS, IFAS, IE and SWOT Matrix.The results showed that PT Kaltim Prima Coal use STP strategy and marketing mix. Through SWOT analysis, it’s known that the company's greatest strength lies in the quality of products owned by PT Kaltim Prima Coal is assured, while the company's biggest drawback is the requirement to meet sales targets. The biggest opportunity is the company's high market demand in Asian markets, while the threat to company is a competitor from China and the USA with similar products.

Keyword :marketing strategy, sales volume, export, coal.

ABSTRAK

PT Kaltim Prima Coal merupakan salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Sangata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen batubara yang berdaya saing tinggi yang produknya diminati oleh konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan dalam melakukan ekspor, mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan dan menganalisis strategi yang tepatuntuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Kaltim Prima Coal menggunakan strategi STP dan bauran pemasaran dalam pemasarannya. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Kaltim Prima Coal terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan memenuhi target penjualan. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar pasar tinggi di Asia, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah pesaing dari Cina dan Amerika dengan produk sejenis.

Kata Kunci :Strategi pemasaran, volume penjualan, ekspor, batubara.

 

Downloads

Published

2017-01-18

Issue

Section

Articles