ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KAMPUNG KOPI LUWAKMAS SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Bayu Catur Abadi
  • M. Kholid Mawardi
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Small and medium enterprises (SMES) Kampung Kopi Luwakmas is producing coffee business district mongoose original Kediri. SMES Kampung Kopi Luwakmas have the potential to business as a tourist attraction Kediri District. This research used the descriptive qualitative method and the data resources obtained from observation and interview. This aims of this research was to know and analyze resistance and support factors in the development of SMES Kampung Kopi Luwakmas and the development strategy done by SMES Kampung Kopi Luwakmas. The result of this research showed that, first internal resistance factors in the development of SMES Kampung Kopi Luwakmas are human resources, price and marketing while external resistance factors are human resources, location and transportation. Internal supporting factors in the development of SMES Kampung Kopi Luwakmas are the potential and marketing while the external supporting factors are social and cultural, training, vision mission and branding. Second, the development strategy of SMES Kampung Kopi Luwakmas by doing activities such as training, exhibition, licensing, certification, marketing, quality products, planning, implementation and evaluation.

Keyword : Strategy, Development of Small and Medium Enterprises (SMES), Tourist Attraction.

ABSTRAK

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kampung Kopi Luwakmas merupakan usaha yang memproduksi kopi luwak asli Kabupaten Kediri. UKM Kampung Kopi Luwakmas memiliki potensi bisnis sebagai daya tarik wisata Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas dan strategi pengembangan yang dilakukan oleh UKM Kampung Kopi Luwakmas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor penghambat internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu sumber daya manusia, harga dan pemasaran sedangkan faktor eksternalnya yaitu sumber daya manusia, lokasi dan transportasi. Faktor pendukung internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu potensi dan pemasaran sedangkan faktor pendukung eksternalnya yaitu sosial budaya, pelatihan, visi misi dan citra. Kedua, strategi pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai daya tarik wisata Kabupaten Kediri yaitu dengan melakukan kegiatan pelatihan, pameran, perijinan, pemasaran, kualitas produk, perencanaan, implementasi dan evaluasi.

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Daya Tarik Wisata.

Downloads

Published

2017-01-17

Issue

Section

Articles