PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Terhadap Konsumen Xiaomi di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina)

Authors

  • Andi Satria Utama Putra
  • Suharyono Suharyono
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

The purpose of this study is to describing the effect of country of origin and the price on purchase decisions. The type of this research is explanatory research. Country of origin and price was used as independent variabel research, while the buying decision is dependent variable. Subjects examined in this study is a smartphone that comes from China, namely Xiaomi. The population in this study is that Xiaomi consumers has ever bought or already using a Mi phone, especially from in Indonesia, Malaysia, Singapore and Philippines. Total sample used in this study were 112 people. Sampel in this research taken with quota sampling method. Data collected in this research using electronic questionnaire (google form) that spread via internet through online forum and social media. This research use multiple linear regression analysis and test of ANOVA. The research obtained in this study show that the country of origin and price variable have significant effect toward buying decision variable either simultaneously or partialy. Country of origin have a biggest effect toward buying decision, it shows that Xiaomi consumer in four country sensitive against country of origin product. Xiaomi consumer suppose that China have positive image. Based on ANOVA test from four country indicate no different perception about country of origin and price.

Keywords: Country of origin, price, buying decision

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai pengaruh country of origin dan price terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini ialah country of origin dan price, sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah keputusan pembelian. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah smartphone yang berasal dari China yaitu Xiaomi. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Xiaomi yang pernah membeli atau sedang menggunakan smartphone Xiaomi khususnya yang berdomisili di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 112 orang. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan quota sampling, Pengempulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner elektronik (google form) yang disebarkan via internet melalui forum online dan media sosial. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji ANOVA. Hasil yang diperoleh dala penelitian menunjukkan bahwa variabel country of origin dan price memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap variabel keputusan pembelian. Country of origin memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian, hal tersebut menunjukkan konsumen Xiaomi dari keempat negara sensitif terhadap negara asal suatu produk. Konsumen Xiaomi menganggap bahwa negara China memiliki citra yang positif. Berdasarkan uji ANOVA konsumen dari keempat negara tidak memiliki perbedaan persepsi mengenai country of origin dan price.

Kata kunci: Country of origin, price, keputusan pembelian


Downloads

Published

2016-12-06

Issue

Section

Articles